MELYNDA, ADELIA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi belajar merupakan salah satu permasalahan yang seringkali dialami peserta didik pada setiap jenjang pendidikan dan merupakan permasalahan yang penting untuk ditangani bersama oleh pihak sekolah. Dalam hal ini salah satu layanan yang akan diberikan oleh peneliti yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement. Bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement mempunyai peranan penting dalam menangani permasalahan dengan prinsip bahwa layanan bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi semua peserta didik baik yang tidak memiliki masalah ataupun yang memiliki masalah di sekolah salah satunya adalah belajar. Namun kenyataan yang terjadi di SMP Negeri 34 Bandar Lampung ada sebagian peserta didik kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. pada satu kelompok tersebut, dilakukan pre-test dan post-test dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan teknik pungumpulan data yang penulis gunakan yaitu angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji wilcoxson dengan aplikasi IBM SPPS Statistics 25. Hal ini diperoleh rata-rata hasil skor sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement adalah sebesar 42,1 dan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik positive reinforcement meningkat menjadi 90,9. Dapat dilihat dari uji Z (Wilcoxon) Independen non parametric menggunakan IBM SPSS Statistics 25 diperoleh Asymp.sig (2 tailed) lebih kecil dari pada nilai kritik 0,05 (0,005 ≤ 0,05), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian selain itu dapat dilihat dari hasil nilai Z hitung lebih besar dari hasil nilai Z tabel (-2.812 ≥ 1,96), nilai tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan iv kelompok dengan teknik positive reinforcement berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Positive Reinforcement, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 04:34 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 04:34 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |