IMPLEMENTASI PENUNDAAN PEMBAYARAN ANGSURAN KPR DI MASA PANDEMI PADA BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Kantor Cabang Bandar Lampung dan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung)

Karlina, Agustina (2023) IMPLEMENTASI PENUNDAAN PEMBAYARAN ANGSURAN KPR DI MASA PANDEMI PADA BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Kantor Cabang Bandar Lampung dan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI cover Bab 1-2 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pembiayaan bermaslaah dimasa Covid-19 pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung dan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Bandar Lampung. Peningkatan pembiayaan bermasalah dapat mempengaruhi aspek keuangan pada Bank Syariah Indonesia dan Bank Tabungan Negara. Dari hal itu dibutuhkan penyelesaian untuk mengatasi pembiayaan yang bermasalah tersebut, disamping itu dengan adanya musibah pandemi Covid-19 nasabah yang memiliki angsuran mempunyai resiko yang dapat menyebabkan banyak pembiayaan yang bermasalah khususnya dari sisi pendapatan nasabah yang menurun drastis dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19 tersebut. Rumusan masalah ini adalah bagaimana implementasi penundaan pembayaran angsuran KPR di masa pandemi pada Bank Tabungan Negara KC Bandar Lampung dan Bank Syariah Indonesia KC Bandar Lampung. Dan bagaimana penyelesaian penundaan pembayaran angsuran KPR di masa pandemi pada Bank Tabungan Negara KC Bandar Lampung dan Bank Syariah Indonesia KC Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penundaan pembayaran angsuran KPR di masa pandemi dan penyelesaian penundaan pembayaran angsuran KPR di masa pandemi sesuai dengan perspektif ekonomi islam yang terdapat pada Bank Tabungan Negara KC Bandar Lampung dan Bank Syariah Indonesia KC Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, bahwa pada kedua bank dari periode tahun 2018-2021 pembiayaan terus meningkat setiap tahunnya yang merupakan dampak dari adanya penyebaran wabah Covid�19, tetapi dari terus meningkatnya pembiayaan bermasalah masih dapat iv dikatakan normal karena dalam NPF belum mencapai 5%. Ini disebabkan karena pada kedua bank telah memberikan keringanan dengan kebijakan relaksasi yaitu kebijakan restrukturisiasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan penyelesaian penundaan pembayaran angsuran sesuai dengan prinsip ekonomi islam yaitu mengutamakan prinsip kekeluargaan dan sistem musyawarah. Kata kunci: Penundaan Pembayaran Angsuran, Pandemi Covid-19, Bank Konvensional, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:24
Last Modified: 05 Apr 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item