TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KELAINAN SEKSUAL PADA SUAMI SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (Studi Putusan Pengadilan Agama Kalianda Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla)

DIRA, MILLENIA RAMADHANI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KELAINAN SEKSUAL PADA SUAMI SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (Studi Putusan Pengadilan Agama Kalianda Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DIRA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kelainan seksual atau penyimpangan seksual merupakan aktivitas seksual yang ditempuh seseorang untuk mendapatkan kenikmatan seksual dengan tidak sewajarnya. Homoseksual yaitu ketertarikan seksual berupa disorientasi pasangan seksualnya, yaitu kecenderungan seseorang untuk melakukan perilaku seksual dengan sesama jenis. Disebut gay bila penderitanya laki-laki dan lesbian untuk penderita perempuan. Dalam putusan Pengadilan Agama Kalianda perkara Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla. Hakim mengabulkan gugatan Penggugat dengan menjatuhkan talak satu ba‟in sughra Tergugat terhadap Penggugat. Berdasarkan uraian di atas, terdapat permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Agama Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla tentang kelainan seksual pada suami sebagai alasan perceraian dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap putusan hakim tentang kelainan seksual pada suami sebagai alasan perceraian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Agama Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla tentang kelainan seksual pada suami sebagai alasan perceraian dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap putusan hakim tentang kelainan seksual pada suami sebagai alasan perceraian. Jenis penelitian ini merupakan Library Research (Penelitian Pustaka), dalam hal ini penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (Kepustakaan). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang bersumber dari putusan perkara Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data yang didapat, penelitian ini berkesimpulan bahwa dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla terkait dengan perceraian karena suami homoseksual. Setelah dianalisis ternyata unsur alasan perceraian sebagaimana diatur Pasal 19 huruf (f), Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975, jo. Pasal 116 huruf (f) Kompilasi Hukum Islam telah terpenuhi, karenanya talak Tergugat terhadap iv Penggugat dapat dijatuhkan. Selanjutnya dilihat dari perspektif hukum Islam Putusan Hakim pada perkara Nomor 1025/Pdt.G/2019/PA.Kla sudah tepat dan sejalan dengan ketentuan syariat. Karena perbuatan homoseksual dilarang dalam Islam. Kata Kunci : Hukum Islam, Kelainan Seksual, Perceraian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:16
Last Modified: 04 Apr 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item View Item