FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANTARA PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI KELUARGA GURU DAN BURUH TANI DI SMAN 1 GUNUNG SUGIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Agustina, Dina Fitria (2017) FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANTARA PESERTA DIDIK YANG BERASAL DARI KELUARGA GURU DAN BURUH TANI DI SMAN 1 GUNUNG SUGIH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_DINA.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Orang tua memiliki peran yang penting dalam kemajuan dan prestasi belajar anak atau peserta didik, begitu juga status sosial orang tua akan turut mempengaruhi prestasi belajar peserta didik termasuk terhadap prestasi belajar. Oleh sebab itu penulis mengajukan rumusan masalah “Faktor apa yang menyebabkan prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga guru lebih rendah dari pada prestasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga buruh tani di SMAN 1 Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa yang berasal dari keluarga guru dan buruh tani. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, di dalam menghimpun dan mengumpulkan data dari lokasi penelitian, digunakan beberapa alat pengumpul data di antaranya metode interview sebagai metode pokok, kemudian metode observasi, dan dokumentasi sebagai metode pendukung, sedangkan dalam menganalisa data penulis menggunakan cara induktif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa. Prestasi belajar siswa yang berasal dari keluarga buruh tani lebih baik bila dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang berasal dari keluarga guru. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar siswa yang berasal dari keluarga guru yaitu : Kurangnya kesadaran diri terhadap betapa pentingnya belajar di sekolah maupun dirumah, kurangnya minat belajar dan tekanan belajar dari orang tua. Keterbatasan dari segi materi dan dukungan dari orang tua bagi siswa yang berasal dari buruh tani tidak menjadi kendala yang begitu berat dalam meraih prestasi belajar yang baik. Kata kunci: Faktor penyebab perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik yang berasal dari keluarga guru dan buruh tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:33
Last Modified: 22 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item