PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 10 WAY LIMA PESAWARAN

Isthi, Nur (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 10 WAY LIMA PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISTHI NUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 10 Way Lima. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya semangat belajar yang dimiliki dari masing masing siswa, mengantuk, tidak konsentrasi dan fokus saat pembelajaran berlangsung, dan mengobrol dengan teman-temannya selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN 10 Way Lima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Way Lima Pesawaran dengan subjek penelitian siswa kelas II sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki laki. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam 1 siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN 10 Way Lima Pesawaran. Dari hasil pelaksanaan siklus I yang dilakukan 2 kali pertemuan dan satu kali refleksi telah terdapat kemajuan , dan hasil aktifitas belajar siswa pada siklus I dengan siswa yang kurang aktif dengan presentase 46,6%, siswa yang cukup aktif dengan presentase 43,3% dan siswa yang sangat aktif dengan presentase 10%. Sedangkan ada peningkatatan aktivitas belajar pada siklus II dengan siswa yang cukup aktif dengan presentase 20% dan siswa yang sangat aktif dengan presentase 80%. Kata Kunci : Model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata, Aktifitas belajar siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia. iii ABSTRACT This research is motivated by the low learning activity of students in learning Indonesian at SDN 10 Way Lima. This is due to several factors including the lack of enthusiasm for learning that each student has, sleepiness, not concentrating and focusing during learning, and chatting with friends during the learning process. This study aims to increase student learning activities in learning Indonesian in class II at SDN 10 Way Lima. The type of research used is Classroom Action Research. This research was conducted at SDN 10 Way Lima Pesawaran with 30 class II students as research subjects consisting of 17 female students and 13 male students. The implementation of this classroom action research starts from planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques used are observation, documentation and tests. This research was carried out using 2 cycles with 2 meetings in 1 cycle. Based on the results of the study, it was shown that in the application of the charade-type cooperative learning model, it can increase student learning activities in class II Indonesian language learning at SDN 10 Way Lima Pesawaran. From the results of the implementation of cycle I which was carried out 2 meetings and one reflection there was progress, and the results of student learning activities in cycle I with students who were less active with a percentage of 46.6%, students who were quite active with a percentage of 43.3% and students very active with a percentage of 10%. While there is an increase in learning activities in cycle II with students who are quite active with a percentage of 20% and students who are very active with a percentage of 80%. Key words: cooperative learning model of charades type, student learning activities, learning Indonesian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:31
Last Modified: 30 Mar 2023 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item View Item