Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung

Suhanah, Anni (2017) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (297kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (57kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (301kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (85kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (57kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan, proses kegiatan kepemimpinan kepala sekolah SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung kemampuannya dalam mempengaruhi guru, memberi perintah, memotivasi, serta menciptakan rasa percaya diri guru, semua dilaksanakan dengan baik. Namun, berdasarkan data awal, tingkat kedisiplinan guru SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung belum maksimal (masih sangat mungkin ditingkatkan). Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan mengajukan rumusan masalah dalam penelitian ini 1CBagaimanakah Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung? 1D Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, wakil, seluruh guru SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan teknik analisis kulalitatif, dengan langkah-langkah: mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung dilakukan melalui kemampuannya dalam mempengaruhi guru, kemampuannya dalam memberi perintah kepada guru,kemampuannya dalam memotivasi guru, serta kemampuanya dalam menciptakan rasa percaya diri guru. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan dengan kriteria baik oleh guru SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Namun, berdasarkan hasil penelitian,terungkap temuan-temuan penelitian yang memberikan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini. Dalam aspek kemampuan kepala sekolah dalam mempengaruhi dan memberi perintah kepada guru, kepala terlihat kurang tegas sehingga sebagian guru mengabaikan instruksi-instruksi tersebut. Selain itu aspek 1Cketeladanan 1D kepala sekolah yang masih kurang diwujudkan dalam kesehariannya. Pada aspek kemampuannya dalam memotivasi guru sudah baik namun dalam pelaksanaannya terlihat kelemahan pada reinforcement (penguatan). Kepala sekolah belum memberikan reward bagi guru yang disiplin, begitupula dalam kontrol dan funishment (sanksi) yang lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Mar 2017 04:03
Last Modified: 06 Mar 2017 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item