PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIADINI DI TK NEGERI PEMBINA WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN

NELLY, LEVIKA SARI (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIADINI DI TK NEGERI PEMBINA WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NELLY LEVIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK .Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Mengambangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Way Tuba Kabupaten Way Kanan?”, Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui perkembangan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran dan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode bermain peran untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitian Guru dan Peserta Didik. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara danDokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan Penerapan Metode Bermain PeranUntuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Way Tuba Kabupaten Way Kanan guru memang sudah menerapkan Langkah-Langkah Metode Bermain Peran sesuai dengan teori yang mereka pahami sebagaimana yang digunakan gabungan dari teori Winda Gunarti Dkk dan Yuliani Nuraini Sugiono dan Bambang Sugiono dimulai guru memilih tema untuk kegiatan yang ingin dicapai, Guru membuat naskah jalan cerita yang akan dimainkan, Guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan dan aturan dalam bermain peran, Guru menjelaskan alat-alat yang akan digunakan oleh peserta didik untuk bermain, Guru membagikan tugas kepada peserta didik sesuai dengan peran yang akan dimainkan, agar tidak berebut saat bermain peran, Guru hanya mendampingi peserta didik dalam bermain peran, Guru mengadakan diskusi untuk mengulas kembali nilai-nilai dan pesan yang terkandung dalam bermain peran untuk diteladani peserta didik tetapi guru kurang mengantisifasi setiap kelemahan dalam langkah-langkah bermain peran Interpersonal anak belum berkembang secara maksimal. Kata kunci :Penerapan, Kecerdasan Interpersonal, Metode Bermain Peran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:44
Last Modified: 21 Mar 2023 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item