TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Di Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Konstruksi Provinsi Lampung)

ADE, TRISNA SETIYAWAN (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Di Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Konstruksi Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dilingkungan kerja Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelii mengunakan data-data yang sudah dikumpulkan untuk dapat memahami dan menganalisa bagaimana implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dilapangan, terutama dilingkungan kerja Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan penelaahan dokumen. Data primer didapat dari dokumen-dokumen yang digunakan yang dapat berupa buku laporan harian, catatan notulen rapat, maupun dokumen lainnya.sedangkan data sekunder didapat dari teori-teori, norma-norma hukum, serta data penunjang lainnya yang didapat dari sumber kepustakaan. Semua data tersebut merupakan bahan untuk dapat meninjau implementasi atau penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dilapangan, terutama dilingkungan kerja Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil telah diimplementasikan dan ditaati oleh para pegawai dilingkungan kerja Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung, bahkan ada pegawai yang melangar kedisplinan berat telah mendaptkan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Ditinjau dari perspektif hukum Islam dalam mewujudkan implementasi disiplin aparatur sipil Negara di Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan kaidah hukum Islam hal ini ditunjukan dengan kesesuaian hukum positif dengan prinsif kerja dalam hukum islam dan implemntasinya yang sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku. Kata kunci: ASN, Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Negeri Sipil, PNS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23689

Actions (login required)

View Item View Item