PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG

REKA, SALLNA RATU FEBRIANA (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL REKA SALLNA RATU FEBRIANA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan informasi dalam Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan media audio-visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik di SMK Persada Bandar Lampung ini di latar belakangi karena kurangnya informasi tentang pemahaman perilaku bullying yang diberikan sekolah pada peserta didik dakam berprilaku. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media audio-visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik di SMK Persada Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini apakah pengaruh layanan informasi dalam Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan media audio-visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik di SMK Persada Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan informasi dalam Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan media audio-visual terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik di SMK Persada Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian berjumlah 8 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Persada Bandar Lampung dapat dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dalam bimbingan dan konseling dengan menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik kelas X TKJ di SMK Persada Bandar Lampung. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 419 dengan skor rata-rata sebesar 52,3. Kemudian setelah mendapatkan layanan informasi menggunakan media audio visual yaitu power-point dan vidio animasi, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 761 dengan skor rata-rata 95,1. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil di kelas X TKJ sebesar -3.688 maka dapat terlihat perbandingan peningkatan pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dalam bimbingan dan konseling dengan menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman perilaku bullying pada peserta didik kelas X TKJ di SMK Persada Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Audio-Visual, Pemahaman Perilaku Bullying. iv ABSTRACK information services in Guidance and Counseling using audio-visual media on understanding bullying behavior in students at SMK Persada Bandar Lampung is based on the lack of information about understanding bullying behavior given by schools to students. Therefore the researcher wants to examine how the influence of information services using audio-visual media on the understanding of bullying behavior in students at SMK Persada Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the influence of information services in Guidance and Counseling using audio-visual media on the understanding of bullying behavior in students at SMK Persada Bandar Lampung. This study uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach to this research is a quantitative approach with a pre�experimental research design, one group pretest-posttest design. This study focuses on the effect of information services in Guidance and Counseling using audio-visual media on students' understanding of bullying behavior at SMK Persada Bandar Lampung. The sample in the study amounted to 8 students. Based on the results of research at SMK Persada Bandar Lampung, it can be concluded that it can be concluded that information services in guidance and counseling using audio�visual media have an effect on understanding bullying behavior in class X TKJ students at SMK Persada Bandar Lampung. This has been proven by the results of the pretest and posttest that were carried out before and after service delivery based on data analysis using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 419 with an average score of 52,3. Then after getting information services using audio-visual media, namely power-point and video animation, students are given a posttest using the same instrument, namely a questionnaire and get a score of 761 with an average score of 95,1. The test results using the Wilcoxon test obtained Zcount from samples taken in class X TKJ of -3.688, it can be seen that the comparison of increased knowledge of students before and after being given services so from this study it can be concluded that information services in guidance and counseling using audio-visual media have an effect on understanding bullying behavior in class X TKJ students at SMK Persada Bandar Lampung. Keywords: Information Services, Audio-Visual Media, Understanding Bullying Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:01
Last Modified: 16 Mar 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23669

Actions (login required)

View Item View Item