EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK NURUL ILMI SUKAMAJU ABUNG SEMULI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Umi, Nur Hasanah (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK NURUL ILMI SUKAMAJU ABUNG SEMULI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK UMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK NURUL ILMI SUKAMAJU ABUNG SEMULI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021 Oleh UMI NUR HASANAH Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Namun perkembangan bahasa anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dengan metode bercerita tanpa menggunakan media, membuat peserta didik kurang antusias dan merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran.Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk memberikan metode bercerita dengan media gambar seri untuk membantu perkembangan bahasa anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksprimen yang dipakai Non-equivalent Control Grup Design. Pengambilan sample menggunakan teknik. Probability sampling dengan tekhnik cluster random sampling Sample penelitian terdiri dari kelas (B1) eksprimen dan kelas (B2) kontrol yang masing-masing berjumlah 22 peserta didik data tersebut diambil dari data observasi awal.teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan uji persyaratan instrumen validitas, realibitas. teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homoginitas dan hipotesisi Uji t (taraf nyata) dengan menggunakan spss versi 22.0. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dilihat dari nilai sig. (2- tailed) = 0,000 sedangkan 0,05 (0.00<0,05) maka di tolak, dan diterima dengan perbandingan rata-rata di kelas eksperimen 69.59 dan rata-rata kelas control 59.05 yang berarti dapat di simpulkann bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Metode bercerita dengan media iii gambar terhadap perkembangan bahasa anak di TK Nurul Ilmi Abung Semuli Lampung Utara. Kata Kunci : Metode Bercerita dengan Media Gambar , Perkembangan Bahasa iv ABSTRACT THE EFFECTIVENEjSS OF GROUP GUIDANCE WITH STORYING METHOD TO IMPROVE COMMUNICATION SKILLS IN AGE CHILDREN EARLY IN TK NURUL ILMI SUKAMAJU ABUNG SEMULI DISTRICT NORTH LAMPUNG SCHOOL YEAR By UMI NUR HASANAH Language development is one of the most important skills to be developed from an early age. However, children's language development will not develop if they are not trained and developed. The implementation of the learning method used with the storytelling method without using media, makes students less enthusiastic and feels bored to take part in learning. This causes the authors to be interested in providing storytelling methods with serial image media to help children's language development. The type of research used is a quasi-experimental design that uses Non-equivalent Control Group Design. Sampling using the technique. Probability sampling with cluster random sampling technique The research sample consisted of the experimental class (B1) and the control class (B2), each of which amounted to 22 students. The data was taken from the initial observation data. data collection techniques with observation sheets, interviews and documentation. This study uses the instrument requirements test of validity, reliability. data analysis technique using normality test, homogeneity test and hypothesis t test (real level) using spss versi 22.0. The results of data analysis and hypothesis testing that have been carried out can be concluded that judging from the value of sig. (2-tailed) = 0.000 while 0.05 (0.00 <0.05) was rejected, and accepted with a comparison of the average in the experimental class 69.59 and the control class average 59.05, which means it can be concluded that there is a significant effect The method of storytelling using picture media on children's language development in Nurul Ilmi Abung Semuli Kindergarten, North Lampung. Keywords : Storytelling Method with Picture Media, Language Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:50
Last Modified: 15 Mar 2023 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23659

Actions (login required)

View Item View Item