PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DIMASA COVID 19 (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung)

SAUKANI, Midun, AT (2023) PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DIMASA COVID 19 (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SAUKANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DIMASA COVID 19 (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung) Peranan guru bimbingan dan konseling di SMA Gajah Mada Bandar Lampung dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling secara daring terlebih dahulu mengidentifikasi permasalahan setelah itu menyiapkan Rencana Pemberian Layanan (RPL) selanjutnya melakukan layanan bimbingan klasikal agar dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Adapun bentuk-bentuk motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, yaitu; 1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil. 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar. 3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan. 4) Adanya penghargaan dalam belajar. 5) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan 6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif untuk memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, juga dapat disimpulkan bahwa peranan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam miningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, adalah dengan melakukan berbagai kegiatan layanan bimbingan secara indivudu kepada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung yang sedang mengalami kendala atau permasalahan yang sedang dialami, yaitu; peran peran sebagai pembimbing, sebagai pembina, bahkan menjadi teman untuk para siswanya. Guru BK dalam menjalankan perannya juga dengan memberikan berbagai layanan bimbingan dan konseling dengan dan kegiatan lain diluar waktu jam mata pelajaran dengan memberikan arahan-arahan tentang nilai-nilai positive kepada siswa sehingga siswa kepada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung mendapatkan pemahaman dan siswa dapat merubah cara belajarnya pada saat mengikuti proses pebelajaran secara daring. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Peranan Guru Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:06
Last Modified: 13 Mar 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item