TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAPAK DI PASAR UNIT 6 TULANG BAWANG BARAT KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT (Studi di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat)

RINDA, SEPTINA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAPAK DI PASAR UNIT 6 TULANG BAWANG BARAT KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT (Studi di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINDA SEPTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muamalah merupakan kegiatan yang melibatkan setiap anggota masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sebagaimana yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat yang melakukan praktik sewa menyewa lapak antara pedagang dan pihak pengelola pasar. Pada umumnya praktik tersebut sama dengan praktik sewa menyewa pada umumnya, namun yang membedakannya adalah lapak yang disewa tersebut merupakan lapak di luar pasar yang tidak termasuk bagian dari pasar, sehingga sewa menyewa tersebut menjadi permasalahan antara penyewa lapak (pedagang) dengan pihak pengelola pasar karena tidak memiliki izin sewa. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik sewa menyewa lapak di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa meyewa lapak di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sewa menyewa lapak di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa lapak di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kemudian untuk jenis penelitian ini adalah termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research), sedangkan untuk sifat penelitian ini adalah bersifat deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pedagang dan pengelola pasar. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa terkait dengan praktik sewa menyewa lapak di Pasar Unit 6 Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Barat belum sesuai dengan konsep sewa menyewa dalam Islam. Dari segi sewa menyewa terdapat rukun dan syarat sewa menyewa yang tidak terpenuhi, yaitu pada segi objek sewa yang bukan milik atau dalam kekuasaan pribadi. Kemudian dalam praktik tersebut terdapat penertiban area lapak tersebut yang merupakan sarana umum dengan cara yang dianggap tidak adil karena secara sepihak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada para penyewa lapak tersebut. Pada dasarnya, Islam mengajarkan bahwa dalam seluruh akad transaksi harus adil, dan demikianlah yang diajarkan syariat Islam. Sudah menjadi kesepakatan semua syariat Allah untuk mewajibkan keadilan dan mengharamkan kezaliman dalam segala sesuatu. Kata Kunci : Sengketa, Sewa Menyewa, Lapak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:34
Last Modified: 10 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23561

Actions (login required)

View Item View Item