ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PINJAMAN MODAL USAHA PERTANIAN (Studi di Dusun II Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah)

EKA, YULIA RAHMAWATI (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PINJAMAN MODAL USAHA PERTANIAN (Studi di Dusun II Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK EKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan bantuan dari orang lain untuk mempertahankan kehidupannya. Aktifitas antara seseorang dengan orang lain dapat disebut sebagai muamalah. Dalam pemenuhan hidupnya masyarakat di Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah memerlukan bantuan orang lain. Mayoritas masyarakat di Setia Marga, Kampung Terbangi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah bermata pencarian sebagai petani, biasanya dalam bertani masyarakat memerlukan modal usaha pertanian yang dipinjam kepada pemilik modal yang dibayarkan pasca panen dengan penambahan hasil panen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pinjaman modal usaha pertanian di Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah dan bagaimana analisis hukum Islam tentang pinjaman modal usaha tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui praktik pinjaman modal usaha pertanian di Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar dan untuk mengetahui praktik pinjaman modal usaha pertanian tersebut dalam Prespektif Hukum Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan data kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data dan sumber data menggunakan data primer yaitu diperoleh langsung dari responden atau objek yang diteliti dan sumber data skunder yaitu diperoleh dari buku-buku. Kemudian menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian metode pengeolahan deskriptif data menggunakan pemeriksaan data (editing) dan sistematisasi data. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik pinjaman modal usaha pertanian di Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, bahwa sistem pengembalian pinjaman modal usaha terdapat penambahan hasil panen berupa beras sebesar 35kg setiap kelipatan Rp.1.000.000. Menurut hukum Islam tentang pinjaman iii modal usaha pertanian di Setia Marga, Kampung Terbanggi Besar, bahwa pengembalian pinjaman modal mensyaratkan ada tambahan yang disebut riba. Karena terdapat unsur riba, menurut maka hukum Islam di haramkan dalam syariat Islam. Kata Kunci: Hukum Islam, Pinjaman Modal Usaha, Pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23535

Actions (login required)

View Item View Item