TINJAUAN SIYĀSAH TANFIŻIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2012 PASAL 29 DAN 36 DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS ( Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung)

REFASTA, ADELLA PRATIWI (2023) TINJAUAN SIYĀSAH TANFIŻIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2012 PASAL 29 DAN 36 DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS ( Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 REFASTA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI REFASTA ADELLA PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penerpan pasal 29 dan 36 dalam penyelenggaraan pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Bandar Lampung masih ditemukan masalah yaitu kesalahan data penyandang disabilitas oleh stakeholder dalam melakukan pembuatan data administrasi dan program jemput bola, informasi mengenai syarat administrasi tidak akurat dan rinci, selain itu terdapat masalah mengenai komunikasi, dimana dalam hal ini masih belum ada petugas yang bisa menggunakan bahasa isyarat sebagai salah satu bentuk sarana komunikasi yang diberikan kepada penyandang disabilitas tuna rungu wicara, sehingga menyulitkan dalam hal berkomunikasi, dan kurang optimalnya sosialisasi yang diberikan mengenai program jemput bola kepada penyandang disabilitas menyebabkan belum optimalnya informasi yang didapat oleh masyarakat mengenai program tersebut. Adapun rumusan masalah yang diambil antara lain 1.Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 29 Dan 36 Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung ? 2.Bagaimana Tinjauan Siyāsah Tanfiżiyah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 29 Dan 36 Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung ? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi,dan questioner dengan 10 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. serta dengan menggunakan metode kepustakaan, Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Implementasi pasal 29 dan 36 dalam peraturan daerah nomor 9 tahun 2012 mengenai penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh dinas iii kependudukan dan pencatatan sipil kota Bandar Lampung terhadap penyandang disabilitas tidak maksimal terlaksana kepada seluruh ragam disabilitas. Tinjauan Siyāsah Tanfiżiyah telah memenuhi beberapa prinsip yang berkaitan dengan prinsip - prinsip hidup bermasyarakat dan bernegara. Pelaksanaan program bagi para penyandang disabilitas berlandaskan kemashlahatan bersama serta tidak adanya diskriminatif dalam pemberian pelayanan administrasi kependudukan kepada penyandang disabilitas..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:24
Last Modified: 08 Mar 2023 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item