HAKIKAT SANTRI DAN ADAB SANTRI TERHADAP USTADZ DI PONDOK PESANTREN BAITUL KIROM TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Dovan, Yuniardi Harnanda (2023) HAKIKAT SANTRI DAN ADAB SANTRI TERHADAP USTADZ DI PONDOK PESANTREN BAITUL KIROM TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DOVAN YUNIARDI HARNANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan di pesantren adalah akhlak. Kedudukan akhlak lebih utama daripada ilmu, oleh karena itu pendidikan akhlak yang telah diajarkan perlu untuk diterapkan dan dibudayakan. Apalagi kedudukan menjadi seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu kepada gurunya harus memiliki adab yang baik sesuai dengan yang telah diajarkan oleh islam sendiri. Melihat keadaan akhlak di zaman sekarang yang semakin menipis, khususnya dalam lingkup pesantren menyadarkan kita untuk berlomba-lomba dalam memperbaikinya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab ad~b al- 'alim wa al-muta'allim di pondok pesantren putri tahfiz al• qur'an al�hikmah tugurejo tugu semarang. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti yaitu, bagaimana budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab ad~b al-'alim wa al• muta'allim?. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat lapangan. Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian lapangan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan Analisis. Adapun analisisnya data kualitatif lapangan ini dengan tiga langkah yaitu metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Adapun hasil dari penelitian ini, pertama; adab/akhlak adalah sesuatu yang membicarakan tentang budaya manusia, tingkah laku atau perbuatan baik maupun buruk. Kedua; budaya adab murid terhadap guru yang terdapat dalam kitab ad~b al-'alim wa al• muta'allim digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu: 1. Budaya adab murid kepada guru dalam proses pembelajaran yang meliputi: a) budaya sikap santri harus mendengarkan ketika guru sedang menyampaikan pelajaran. B) budaya sikap santri harus sopan dalam berbicara dan memilih waktu yang tepat ketika ingin menyampaikan pertanyaan kepada guru. C) budaya posisi santri harus sopan dan tawadhu' j ika duduk di hadapan guru. D) budaya sikap santri harus sopan dan tawadhu' ketika memberikan sesuatu (kitab) kepada guru. E) budaya sikap santri tidak boleh menentang ketika guru mengeluarkan pemyataan yang keliru. 2. Budaya adab murid terhadap guru ketika berada di dalam pondok, dan 3. Budaya adab murid terhadap guru ketika berada di luar pondok. Ketiga; budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab ad~b al-'alim wa al• muta'allim di pondok pesantren putri tahfiz al-qur '~n al-hikmah belum sepenuhnya dapat dibudayakan dengan sempuma. Ada beberapa yang tampaknya menjadi budaya yang kurang baik, misalnya budaya meminta izin keluar ketika tidak ada pihak ndalem, budaya mengajukan pertanyaan ketika guru sedang menjelaskan. Padahal konsep pembelajaran modem menuntut murid untuk baik dalam rangka mengemukakan pendapat, menyanggah, dan mengkritisi suatu pengetahuan lainnya. Namun demikian,untuk sebagian besar santriwati pondok pesantren putri tahfiz al-qur'~n al-hikmah, budaya adab murid terhadap guru dalam perspektif kitab ad~b al'alim wa al-muta'allim belum mengacu sepenuhnya pada kitab tersebut melainkan ada juga budaya yang masih bersumbeer dari peraturan-peraturan pondok dari zaman dahulu sampai sekarang. Kata kunci: adab murid kepada guru, kitab ad~b al-'alim wa al• muta'allim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:57
Last Modified: 08 Mar 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item