EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Masahiswa Anggota Organisasi GEMARI)

Ahmad, Rofiq (2023) EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Masahiswa Anggota Organisasi GEMARI). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AHMAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Masahiswa Anggota Organisasi Gemari) Ahmad Rofiq Media sosial pada era sekarang sangat diminati banyak masyarakat yang pada umumnya digunakan untuk menjalin komunikasi dan bersosial serta mencari berbagai informasi baik itu tentang ekonomi, Pendidikan ataupun untuk mencari informasi tentang seputaran agama islam, Instagram menjadi media sosial yang sangat digemari pada saat ini terkhusus pada kaum mahasiswa, ada banyak penggunanya mencari informasi tentang agama islam di Instagram dan dari eksistenti Instagram itu membuat inisiatif beberapa mahasiswa anggota organisasi GEMARI menjadikan akun media sosial instagram untuk penyebaran dakwah seperti akun instagram mahasiswa anggota gemari: @syafieq.alhamdani, @triadelia_, @nabilaaisyaputri_, @sintiadevvii yang tidak hanya digunakan pribadi tetapi digunakan untuk menyediakan informasi tentang agama islam atau media dakwah sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap efektivitas media sosial instagram sebagai media dakwah pada mahasiswa anggota organisasi Gemari: @syafieq.alhamdani, @triadelia_, @nabilaaisyaputri_, @sintiadevvii. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan data primer berupa konten-konten yang diunggah oleh akun-akun instagram @syafieq.alhamdani, @triadelia_, @nabilaaisyaputri_, @sintiadevvii dan sumber data sekunder berupa hasil wawancara dari beberapa followers atau pengikut, dokumentasi serta data tambahan yang didapatkan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode, wawancara dan metode dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan metode analisis isi dan disimpulkan secara induktif. Setelah melakukan analisis dengan teori-teori yang ada dan dengan metode peneliti menemukan temuan yaitu pada pengguna akun Instagram @syafieq.alhamdani, @triadelia_, @nabilaaisyaputri_, @sintiadevvii mayoritas sudah dapat dikatakan efektif dalam menggunakan media sosialnya sebagai media dakwah karena tujuan dari dakwah tersebut sudah tercapai dengan dibuktikan iii perubahan pada akhlak yang baik dan peningkatan pengetahuan tentang Islam serta disenangi oleh para followersnya atau pengikut, tetapi ada juga temuan dari salah satu pengikutnya mengatakan belum efektif karena masih jarang melihat konten dakwah yang disampaikan hal ini didasari fitur Instagram story yang bertahan hanya 24 jam dan tidak dilihatnya postingan dari akunnya yang menjadikan tujuan itu tertunda. Pada keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengguna akun Instagram tersebut sudah cukup efektif sebagai media dakwah yang ditandai dengan tercapainya tujuan yang dibuat. Kata kunci: Efektivitas, Media Sosial Instagram, Media Dakwah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:32
Last Modified: 08 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item