IMPLEMENTASI AMALIYAH TAREKAT QODIRIYAH NAQSYABANDIYAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Di Pondok Pesantren Arafah Lampung Selatan)

Aldi, Hidayatul Anam (2023) IMPLEMENTASI AMALIYAH TAREKAT QODIRIYAH NAQSYABANDIYAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Di Pondok Pesantren Arafah Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Aldi Hidayatul Anam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Amaliyah Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Arafah Lampung Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Oleh : Aldi Hidayatul Anam Latar belakang dari penelitian ini ialah melihat pentingnya Amaliyah tarekat dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual manusia dan meyakini bahwa Allah SWT adalah sebagai satu-satunya tempat manusia bergantung dalam memahami proses kehidupan di dunia ini. Tarekat hadir sebagai suatu opsi untuk mengisi kekosongan jiwa melalui pelaksanaan meningkatkan kecerdasan dalam spiritual. Peningkatan kualitas hidup manusia bisa dapat dilakukan dengan proses beribadah dengan sempurna. Oleh sebab itu, berdasarkan pemahaman yang dikutib dari Quran yaitu bila sholatnya baik seluruh amal dan ibadahnya baik, sebaliknya bila sholatnya buruk seluruh amal dan perbuatannya buruk, maka hukum kausalitasnya bergantung dari seberapa berkualitas pola manusia beribadah. Di pondok pesantren arafah lampung melalui bimbingan Buya Dr. KH. Mohammad Rusfi, M. Ag selalu mengingatkan kepada santri bahwa belajar tasawuf merupakan pola untuk menyempurnakan ibadah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Amaliyah Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Arafah Lampung Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual. Apa Saja Faktor Pendukung Yang Diberikan Oleh Pondok Pesantren Arafah Lampung Ketika Proses Pelaksanaan Implementasi Amaliyah Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Arafah Lampung Selatan. Metode pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dann teknik pengambilan sampel menggunakan Snowball Sampling. Berdasarkan hasil dilapangan, kegiatan Eksternal yang menjadi Agenda Rutinan di Pondok Pesantren Arafah Lampung seperti, Pelatihan Imam Masjid dan Khotib, Petugas Manaqib, Ziarah Makam Waliyullah di berbagai daerah mempunyai banyak manfaatnya, hal tersebut sesuai dengan ciri-ciri dari Kecerdasan Spiritual yang diterangkan dalam teori Akhmad Muhaimin Azzet bahwa, tanda orang yang mempunyai Kecerdasan Spiritual adalah hidupnya berkualitas karena diilhami oleh visi dan nilai. Visi dan nilai yang dimiliki oleh seseorang bisa membuat hidup terarah, tidak goyang ketika menghadapi cobaan, dan lebih mudah dalam meraih kebahagiaan. Amaliyah yang ada di Pondok Pesantren Arafah Lampung terdiri dari Dzikir Harian, Khataman dan Manaqib menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi seorang ikhwan tatkala semenjak sudah di Talqin Dzikir di Pondok Pesantren Arafah Lampung. Kata Kunci : Amaliyah, Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah, Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:14
Last Modified: 07 Mar 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item