PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI AL-MUNAWAROH BANDAR LAMPUNG

AINA, CONILAWATI MAYLUDI (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI AL-MUNAWAROH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AINA CONILAWATI MAYLUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Objek penelitian ini adalah Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Al-Munawaroh Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dari metode penelitian yang dilakukan menghasilkan bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Al-Munawaroh Bandar Lampung, diantaranya, yang pertama kepala madrasah berusaha membangkitkan dan merangsang guru-guru dan pegawai sekolah di dalam menjalankan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya. Yang kedua, mengadakan dan melengkapi alat-alat perlengkapan sekolah termasuk media instruksional yang diperlukan bagi kelancaran dan keberhasilan proses belajar�mengajar. Yang ketiga, mengembangkan, mencari dan menggunakan metode-metode mengajar yang lebih sesuai dengan ketentuan kurikulum yang sedang berlaku. Yang keempat, membina kerjasama yang harmonis di antara guru-guru dan pegawai sekolah lainnya. Yang kelima, mempertinggi mutu dan pengetahuan guru-guru dan pegawai sekolah. Yang kelima, membina hubungan kerjasama antar sekolah dan instansi lain guna untuk peningkatan mutu pendidikan para siswa. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Al-Munawaroh Bandar Lampung sudah berjalan dengan cara: Membangkitkan dan merangsang guru-guru dan pegawai sekolah di dalam menjalankan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya. Berusaha mengadakan dan melengkapi alat-alat perlengkapan sekolah termasuk media instruksional yang diperlukan bagi kelancaran dan keberhasilan proses belajar-mengajar. Mengembangkan, mencari dan menggunakan metode-metode mengajar yang lebih sesuai dengan ketentuan kurikulum yang sedang berlaku. Membina kerjasama yang harmonis di antara guru-guru dan pegawai sekolah lainnya. Berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan guru-guru dan pegawai sekolah. Membina hubungan kerjasama antar sekolah dan instansi lain guna untuk peningkatan mutu pendidikan para siswa. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru iv ABSTRACT This research aims to describe the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers. This research is a qualitative descriptive. The subjects of this research were the principal and teachers. The object of this research is the role of the principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers at MI Al�Munawaroh Bandar Lampung. This research’s data collection techniques useobservation, interviews and documentation. Then the data analysis consists of data reduction, data presentation, and verification or conclusion drawing. From the research method carried out, it resulted in how the role of the madrasa principal as a supervisor in improving the professional competence of teachers at MI Al-Munawaroh Bandar Lampung, among others, first, madrasa principal tried to generating and stimulating teachers and school employees in carrying out their respective duties as good as possible. Second, procuring and equipping school equipment including instructional media needed for the smooth and successful teaching-learning process. Third, developing, seeking, and using teaching methods which are more in line with the current curriculum provisions. Fourth, fostering harmonious cooperation among teachers and the school staff. Fifth, enhance the quality and knowledge of teachers and school staff. Sixth, fostering cooperative relationships between schools and other institutions in order to improve the quality of education for students. From the results of the research above, it can be concluded that the role of the Madrasah Principal as Supervisor in Improving Teacher Professional Competence at MI Al-Munawaroh Bandar Lampung has been carried out by: Generating and stimulating teachers and school staff in carrying out their respective duties as good as possible. Procuring and equippingschool equipment including instructional media needed for the smooth and successful teaching and learning process. Developing, seeking, and using teaching methods that are more in line with the provisions of the current curriculum. Fostering harmonious cooperation among teachers and the school staff. Enhancing the quality and knowledge of teachers and school staff. Fostering cooperative relationships between schools and other institutions in order to improve the quality of education for students. Keywords: Supervision, Head of Madrasah, Teacher Professional Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:17
Last Modified: 07 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item