SRI, MULYANI CAHYA NINGRUM (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DAN SELF CONCEPT CLARITY DENGAN INAUTHENTIC SELF PRESENTATION PENGGUNA INSTAGRAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Hubungan Antara Self-Esteem dan Self-Concept Clarity dengan Inauthentic Self-Presentation Pengguna Instagram Oleh: Sri Mulyani Cahya Ningrum Inauthentic self-presentation atau false self-presentation merupakan perilaku presentasi yang tidak benar dimana pengguna berusaha menampilkan diri ideal dan diri palsu di media sosial. Self�esteem dan self-concept clarity diduga menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku inauthentic self-presentation pengguna Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-esteem dan self-concept clarity dengan inauthentic self�presentation pengguna Instagram, menganalisis hubungan self-esteem dengan inauthentic self-presentation pengguna Instagram dan menganalisis hubungan self-concept clarity dengan inauthentic self�presentation pengguna Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala psikologi dengan model skala likert sebagai metode pengumpulan data penelitian yaitu skala inauthentic self�presentation (α = 0.825) skala self-esteem (α = 0.975) skala self�concept clarity (α = 0.841). Populasi dalam penelitian ini adalah calon mahasiswa baru berusia remaja program studi Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung Tahun 2022 yang tergabung dalam group whatsapp dengan total berjumlah 250 subjek. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja berusia 17-18 tahun dan aktif menggunakan Instagram yang dipilih menggunakan metode teknik convenience sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda yang dalam proses perhitungan dibantu dengan program komputer JASP 0.16.1 Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan negatif antara self-esteem dan self-concept clarity dengan perilaku inauthentic self-presentation pengguna Instagram. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa self-esteem dan self-concept clarity iii keduanya mempengaruhi perilaku inauthentic self-presentation pengguna Instagram dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 7% dan sisanya sebesar 93% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Inauthentic self-presentation; False self-presentation; Self-presentation; Self-esteem; Self-concept clarity; Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Psikologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |