ANALISIS EKONOMI SYARIAH TERHADAP HARGA SINGKONG BERDASARKAN KELANGKAAN ( Studi di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara )

Riecha, Inge Milenia (2023) ANALISIS EKONOMI SYARIAH TERHADAP HARGA SINGKONG BERDASARKAN KELANGKAAN ( Studi di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 RIECHA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIECHA INGE MILENIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara merupakan desa dengan sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai seorang petani dalam pemenuhan hidupnya, dilihat dari lahan serta wilayah desa yang cukup memungkinkan bagi masyarakat desa setempat untuk menjadi seorang petani, salah satunya adalah petani singkong. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah sistem penentuan harga singkong di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara dan bagaimana analisis ekonomi syariah terhadap harga singkong berdasarkan kelangkaan di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Adapun tujuan dari penenlitian ini untuk mengetahui penentuan harga singkong berdasarkan kelangkaan di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara dan untuk mengetahui analisis ekonomi syariah terhadap harga singkong berdasarkan kelangkaan di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis kualitatif, dan memperoleh data dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), kemudian di analisis kembali untuk mengembangkan teori dilapangan mengenai permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa sistem penentuan harga singkong ditentukan berdasarkan kelangkaan pada singkong, harga singkong ditetapkan berdasarkan penentuan dari sebelah pihak saja, para petani dan pemilik lapak singkong di Desa Sukadana Udik hanya dapat mengikuti ketetapan harga singkong yang sudah ditentukan oleh pihak pabrik, adanya sistem penentuan harga seperti ini memicu terjadinya kerugian bagi pihak yang terkait. Menurut Analisis ekonomi syariah terhadap harga singkong berdasarkan kelangkaan di Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara terdapat permasalahan pada pelaku akad, sistem penentuan harga singkong yang ditetapkan berdasarkan kelangkaan pada singkong ini mengandung unsur ketidakpastiaan kedua belah pihak dalam suatu penetapan harga. Adanya ketidakpastian harga tersebut dapat menimbulkan ketidakadilan atau kerugian bagi salah satu pihak sebagaimana dalam Islam telah dijelaskan bahwa dalam menetapkan harga harus mempunyai prinsip keadilan. Harga ditetapkan harus terjadi secara sukarela, tidak ada pihak yang merasa terpaksa dalam melakukan tranksaksi pada tingkat harga tertentu. Kestabilan harga dalam tranksaksi jual beli singkong dapat menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak maupun pihak lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:18
Last Modified: 06 Mar 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item