EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QURʾĀN DI PONDOK PESANTREN TAḤFĪẒUL QURʾĀN (PPTQ) AL-ḤUSNA PRINGSEWU

NABILA, NURUL FEBRIANTI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QURʾĀN DI PONDOK PESANTREN TAḤFĪẒUL QURʾĀN (PPTQ) AL-ḤUSNA PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of nabila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Menghafal al-Qurʾān merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal al-Qurʾān diperlukan metode�metode khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Diantara metode-metode itu adalah metode Waḥdaḥ, Metode Talaqqi, Metode Taqrīri, dan Metode Tasmi`. Hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode menghafal al-Qurʾān di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān (PPTQ) al-Ḥusna Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian para Ustadzah dan Santri di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān al-Ḥusna Pringsewu. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan teknik reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menunjukkan bahwa: 1) Metode menghafal yang digunakan oleh para santri di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu merupakan metode gabungan, diantaranya yaitu: Metode Waḥdaḥ, Metode Talaqqi, Metode Taqrīri, dan Metode Tasmi`. Metode gabungan tersebut dianggap cukup efektif. Karena efektivitas dari penerapan ke empat metode menghafal tersebut bisa dicapai jika semua metode itu dilaksanakan secara berjenjang dan di setiap metodenya memiliki keterkaitan dengan metode lainnya. 2) Efektivitas penggunaan metode menghafal al�Qurʾān di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān al-Ḥusna Pringsewu yaitu dilihat dari hasil penelitian dengan santri menghafal al-Qurʾān dengan menggunakan Metode Gabungan dianggap lebih efektif. Sebagaimana penuturan yang disampaikan oleh Kepala Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān (PPTQ) al-Ḥusna Pringsewu bahwa santri di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu menghafal menggunakan Metode Gabungan dan hasilnya dianggap cukup maksimal. Setelah mendapatkan atau menerapkan Metode Gabungan dalam proses menghafal al-Qurʾān hasilnya cukup efektif dan baik. Baik itu terkait dengan jumlah hafalan yang kian bertambah, ataupun dengan kuatnya hafalan para santri. Adapun evaluasi menghafal al-Qurʾān ini dilakukan secara terjadwal ditiap iv minggunya. Akan diadakan kegiatan sima`an (tahtiman) bagi para santri di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qurʾān (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu. Kata Kunci: Efektivitas, Metode, Menghafal al-Qurʾān v ABSTRACT Memorizing the Qur'an is a very noble and commendable act, in memorizing the Qur'an special methods are needed to facilitate the memorization process. Among these methods are the Waḥdaḥ method, the Talaqqi method, the Taqrīri method, and the Tasmi` method. It is used to keep the memorization stuck in the mind. This study aims to determine the effectiveness of the method of memorizing the Qur'an at the Taḥfīẓul Qurʾān Islamic Boarding School (PPTQ) al-Ḥusna Pringsewu. This type of research is descriptive qualitative with the research subjects of Ustadzah and Santri at the Taḥfīẓul Qurʾān al�Ḥusna Pringsewu Islamic Boarding School. While the data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Then the research data were analyzed using data reduction techniques, data verification, and drawing conclusions. Based on the results of data analysis, the researcher shows that: 1) The memorization method used by the students at the Taḥfīẓul Qurʾān Islamic Boarding School (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu is a combined method, including: the Waḥdaḥ Method, the Talaqqi Method, the Taqrīri Method, and the Tasmi` Method. The combined method is considered very effective. Because the effectiveness of the application of the four methods of memorizing can be achieved if all the methods are carried out in stages and in each method have links with other methods. 2) The effectiveness of using the Al-Qurʾān memorization method at the Taḥfīẓul Qurʾān Al-Ḥusna Pringsewu Islamic Boarding School is seen from the results of research with students memorizing the Qurān using the Combined Method which is considered more effective. As stated by the Head of the Taḥfīẓul Qurʾān Islamic Boarding School (PPTQ) al-Ḥusna Pringsewu that students at the Taḥfīẓul Qurʾān Islamic Boarding School (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu memorize using the Combined Method and the results are considered to be very maximal. After getting or applying the Combined Method in the process of memorizing the Qur'an the results are effective and good, whether it is related to the increasing number of memorization, or the strong memorization of the students. The evaluation of memorizing the Qur'an is carried out on a scheduled basis every week. There will be a vi sima`an (tahtiman) activity for the students at the Taḥfīẓul Qurʾān Islamic Boarding School (PPTQ) Al-Ḥusna Pringsewu. Keywords: Effectiveness, Method, Memorizing al-Qurʾān

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:29
Last Modified: 01 Mar 2023 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item