PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

ARFINA, AMARA (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2  DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ARFINA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya pemahaman dalam kemandirian belajar peserta didik. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara implementasi layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MAN 1 Lampung. Dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar peserta didik terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik dalam meningkatkan kemandiriannya. Faktor tersebut antara lain kurangnya rasa mandiri peserta didik, kurang memiliki rasa tanggung jawab, kurangnya rasa kontrol diri peserta didik dan adanya peserta didik yang tidak percaya diri. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MAN 1 Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MAN 1 Lampung Tengah, telah terlaksana oleh guru bimbingan dan konseling dengan baik dan sangat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Kata kunci : Pelaksanaan, layanan bimbingan, kemandirian belajar iv ABSTRACT The problem in this study was regarding the low understanding of students' independent learning. The purpose of this research was to find out how to implement social personal guidance services in increasing the learning independence of students at MAN 1 Lampung. In an effort to increase the learning independence of students there where internal and external factors that affect the learning independence of students in increasing their independence. These factors include the lack of a sense of independence of students, lack of a sense of responsibility, lack of self-control of students and the presence of students who are not confident. The subjects in this study were students of class XI and the method used in this study was descriptive qualitative with data collection techniques using triangulation namely observation, interviews, and documentation. Based on these problems, researchers conducted research with personal social guidance services in increasing the learning independence of students at MAN 1 Central Lampung. The results of this study state that the implementation of social personal guidance services in increasing the learning independence of students at MAN 1 Central Lampung, has been carried out by the guidance and counseling teachers well and was very helpful for students in forming student learning independence. Keywords: Implementation, guidance services, independent learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:55
Last Modified: 28 Feb 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item