PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 ABUNG TINGGI

Lega, Sari (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 ABUNG TINGGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1-2- 5. Repositori.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi BAB 1-5. Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam Penelitian ini adalah mengenai masih terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan konseling client-centered dan bagaimana perubahan yang dirasakan konseli usai melakukan sesi konseling dengan pendekatan client- centered dalam menyelesaikan permasalahannya. Di dalam penelitian ini secara umum proses pelaksanaan konseling client-centered yang digunakan adalah penerimaan positif tanpa syarat, pemahaman empati, kongruen dan teknik yang digunakan dalam pelaksanaan layanan konseling individu adalah attending, empati, refleksi, eksplorasi, menangkap pesan utama, pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, dorongan minimal. Fokus penelitian yaitu untuk melihat bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dengan pendekatan client-centered untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Abung Tinggi, dan sub fokus dalam penelitian ini yaitu membantu mengurai masalah dihadapi konseli (peserta didik) menggunakan konseling client-centered. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang konseli (peserta didik ) SMA Negeri 1 Abung Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik client centered dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA N 1 Abung Tinggi. hasil Rekaman pelaksanaan sesi konseling dijadikan sebagai data dan kemudian di analisis. Hasil penelitian menunjukkan dimana konseli merasa senang dapat menyelesaikan permasalahan mereka melalui konseling client-centered. Keseluruhan konseli dalam penelitian ini menunjukkan perkembangan diri yang positif dari sesi ke sesi yang dilaksanakan. Kata kunci : Client-centered,Masalah motivasi belajar ABSTRACT The problem in this research is that there are still students who have low learning motivation. The purpose of this research was to describe the process of implementing client-centered counseling and how the counselee felt the change after conducting a counseling session with a client-centered approach in solving his problems. In this study, the general process of implementing client-centered counseling that was used was unconditional positive acceptance, empathetic understanding, congruence and the techniques used in the implementation of individual counseling services are attending, empathy, reflection, exploration, capturing the main message, open questions, questions closed, minimal thrust. The focus of the research was to see how the implementation of individual counseling services with a client-centered approach was to increase the learning motivation of SMA Negeri 1 Abung Tinggi students, and the sub-focus in this research was to help unravel the problems faced by counselees (students) using client-centered counseling. The subjects in this study were 6 counselees (students) SMA Negeri 1 Abung Tinggi. The method used in this research was qualitative with a case study research design with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Based on these problems, the researcher carried out research by implementing individual counseling services with client centered techniques in increasing the learning motivation of students at SMA N 1 Abung Tinggi. the results of the recording of the implementation of the counseling session are used as data and then analyzed. The results of the study show that counselees feel happy to be able to solve their problems through client-centered counseling. All counselees in this study showed positive self�development from session to session. .Keywords: Client-centered, learning motivation problems

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:06
Last Modified: 27 Feb 2023 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item