EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MULTIPEL REPRESENTASI (SIMAYANG) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK

Anggaraini, Mahresi Putri (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MULTIPEL REPRESENTASI (SIMAYANG) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang diberi model pembelajaran SiMaYang dengan model konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memiliki efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan efikasi diri peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok. Jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 25 Bandar Lampung, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII A sebagai kelas eksperimen. Data hasil angket dan tes pemahaman konsep matematis dianalisis menggunakan uji analisa varians dua jalur. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama, pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran multipel representasi (SiMaYang) lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis. Kedua, terdapat perbedaan antara peserta didik yang memiliki efikasi diri tinggi dengan efikasi diri sedang dan rendah terhadap pemahaman konsep matematis. Peserta didik yang memiliki efikasi diri tinggi lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki efikasi diri sedang dan peserta didik yang memiliki efikasi diri tinggi lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki efikasi diri rendah, sedangkan tidak terdapat perbedaan untuk efikasi diri sedang dengan rendah. ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan efikasi diri peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:56
Last Modified: 20 Nov 2017 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item