PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 BELALAU LAMPUNG BARAT T.A 2021/2022

PENTI, SARTIKA (2023) PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 BELALAU LAMPUNG BARAT T.A 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan atau layanan merupakan proses, cara seseorang melayani sedangkan konseling adalah hubungan timbal balik diantara dua individu (a face- to- face relationship) yaitu seorang dengan keahliannya (konselor) dapat membantu klien (yang mempunyai problem). Melalui perhubungan atau hubungan timbal balik itu. Konselor berupaya menolong klien untuk memahami dirinya dan problemnya agar klien itu dapat mengatasi problem yang sedang dihadapi klien. Sementara itu individu dalam penelitian ini individu adalah orang, seorang, perorangan, atau pribadi tang memiliki kesatuan aspek jasmani dan rohani, atau fisik dan psikologis yang tidak dapat terbagi yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. dan psikologis yang tidak dapat terbagi yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Sedangkan konseling individual adalah proses pemberian bantuan kepada klien oleh konselor yang bersifat face to face relationship serta bernuansa rapport agar klien dapat mengenali dirinya, dapat mengembangkan 13 pribadinya, mengetahui situasi dimasa depan, serta dapat mengantisipasi masalah-masalah yang dihadapinya. Pada penelitian ini prestasi belajar belajar berasal dari dua kata yaitu belajar dan prestasi. Belajar merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan perubahan dalam tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Sedangkan prestasi belajar dapat disimpulkan sebagai hasil yang telah dicapai dari aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu, baik aktual maupun potensial untuk itu penelitian ini akan mengembangkan lebih lanjut penelitian sebelumnya yang berjudul Pelaksanaan Pelaksanaan Program Layanan Konseling Individu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sma Negeri 1 Belalau Lampung Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mendeskripsikan dan menganalisis prestasi belajar, menganalisis peran guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar, serta Untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam meningkatkanprestasi belajar di SMA Negeri 1 Belalau Lampung Barat. iv Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Belalau yang terletak di kecamatan Belalau, kabupaten Lampung barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Pupulasi dalam penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Belalau Lampung Barat, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru BK, Wali Kelas XI 3, dan 15 peserta didik kelas XI 3. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 Minggu yaitu pada tanggal 11 Juli – 25 Juli 2022. Hasil penelitian dapat menunjukkan sebagai berikut: 1) peran guru BK dalam pelaksanaan program Layanan Konseling Individual dalammeningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Belalau sudah dilaksanakan dengan baik dalam waktu kegiatan belajar mengajar maupun diluar kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan program Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Belalau sudah berjalan dengan baik. Hal ini terjadi karena adanya kerja sama yang baik antara guru BK dengan kepala sekolah serta dengan guru ataupun staf lainnya di SMA Negeri 1 Belalau. 2) program pelaksanaan dalam pemberian layanan konseling individu untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah memberikan layanan konseling individu kepada peserta didik yang memiliki prestasi belajar yang rendah. 3) Adanya pelaksanaan Layanan Konseling Individual secara berkesinambungan di SMA Negeri 1 Belalau, mampu merubah karakter individu peserta didik menjadi lebih baik dalam lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun lingkungan masyarakat. Namun dalam penelitian ini juga terdapat beberapa hambatan seperti: 1) Sarana dan prasarana pendukung yang kurang. 2) Latar belakang pendidikan guru pembimbing atau konselorbukan berasal dari guru BK. 3) Pemahaman yang tidak tepat tentang konseling Kata Kunci: Layanan Konseling, Individu, Prestasi Belajar v ABSTRACT Service or service is a process, the way a person serves while counseling is a reciprocal relationship between two individuals (face to face relationship) that is someone with expertise (counselor) can help clients (who have problems). Through that relationship or reciprocal relationship. The counselor tries to help the client to understand himself and his problems so that the client can overcome the problems the client is facing. Meanwhile, the individual in this study is a person, a person, a person, or a person who has a unified physical and spiritual, or physical and psychological aspect that cannot be separated, which has its own uniqueness and characteristics. and psychological that can not be divided which has its own uniqueness and characteristics. While individual counseling is the process of providing assistance to clients by the counselor in a face-to-face relationship and an atmosphere of rapport so that clients can recognize themselves, can develop their personality, know the situation in the future, and can anticipate the problems they face. In this study, learning achievement comes from two words, namely learning and achievement. Learning is a business or activity that aims to make changes in behavior, attitudes, habits, knowledge as a result of individual experiences in interaction with their environment. While learning achievement can be interpreted as the results that have been achieved from activities that produce changes in individuals, both actual and potential, for this reason this research will further develop previous research entitled Implem.entation of Individual Counseling Service Programs to Improve Learning Achievement at SMA Negeri 1 Belalau Lampung West for the 2021/2022 Academic Year. The purpose of this study is to find out to describe and analyze learning achievement, to analyze the role of the counseling teacher in improving learning achievement, and to find out the obstacles in the implementation of Individual Counseling Services in increasing learning achievement at SMA Negeri 1 Belalau Lampung Barat. This research was conducted at Belalau 1 Public High School, located in Belalau sub-district, West Lampung district. This study uses a descriptive qualitative research method. Data collection techniques vi used in this study by way of observation, interviews, documentation. The population in this study was at Belalau 1 Public High School, West Lampung, the research subjects in this study were counseling teachers, homeroom teachers for class XI 3, and 15 students in class XI 3. This research was carried out for 2 weeks, namely on 11 July - 25 July 2022 . The results of the study can show the following: 1) the role of the counseling teacher in the implementation of the Individual Counseling Service program in improving student achievement at SMA Negeri 1 Belalau has been carried out well both during teaching and learning activities and outside of teaching and learning activities. The implementation of the Individual Counseling Service program in improving student achievement at Belalau 1 Public High School has been going well. This happened because there was good cooperation between the counseling teacher and the school principal as well as with other teachers or staff at Belalau 1 Public High School. 2) the implementation program in providing individual counseling services to improve student learning achievement, namely showing that guidance and counseling teachers have provided individual counseling services to students who have low learning achievement. 3) The implementation of Individual Counseling Services on an ongoing basis at SMA Negeri 1 Belalau, is able to change the individual character of students for the better in the school environment, home environment and community environment. However, in this study there were also several obstacles, such as: 1) Lack of supporting facilities and infrastructure. 2) The educational background of the supervising teacher or counselor does not come from the counseling teacher. 3) Improper understanding of counseling Keywords: Counseling Services, Individuals, Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:40
Last Modified: 16 Feb 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item