IMPLIKASI KEBIJAKAN PENDIRIAN MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG KECIL DI KELURAHAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Nelawati, N (2017) IMPLIKASI KEBIJAKAN PENDIRIAN MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG KECIL DI KELURAHAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NELAWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Implikasi Kebijakan Pendirian Minimarket terhadap Pedagang Kecil di Kelurahan Sukarame Kota Bandar Lampung diartikan sebagai akibat dari implementasi peraturan pemerintah Kota Bandar Lampung mengenai izin pendirian Minimarket di Kota Bandar Lampung terhadap warung eceran di Kelurahan Sukarame. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana implikasi kebijakan pendirian minimarket terhadap pedagang kecil di Kelurahan Sukarame?; dan (2) bagaimana strategi pedagang kecil dalam mengatasi implikasi negatif akibat dari pendirian minimarket di kelurahan Sukarame?. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya minimarket yang saat ini beroperasi di Kelurahan Sukarame setelah di implementasikanya Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 11 Tahun 2012 tentang Persyaratan dan Penataaan Minimarket di Kota Bandar Lampung. Sehingga membuat peneliti ingin mengetahui apa implikasi minimarket tersebut terhadap pedagang kecil yang ada di sekitar minimarket di Kelurahan Sukarame. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan data di dapat dari hasil observasi untuk melihat fakta dilapangan, wawancara dan juga dokumentasi. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu 1) Jarak minimarket yang beroperasi di Kelurahan Sukarame tidak mematuhi Peraturan Walikota Bandar Lampung yang telah dibuat, 2) Dampak yang terjadi pada pedagang kecil di Kelurahan Sukarame yaitu (a) Pedagang kecil sulit bersaing dengan minimarket baik bersaing tempat, harga barang, kualitas barang maupun variasi barang; (b) Semenjak adanya minimarket, masyarakat lebih memilih berbelanja di minimarket dikarenakan lebih praktis dan simpel, sehingga hal ini berdampak pada menurunya pendapatan pedagang kecil. Kemudian, 3) Adapun strategi pedagang kecil dalam mengatasi persaingan dengan minimarket guna untuk mempertahankan keberadaanya yaitu berikhtiar dan bersabar, memberikan harga murah, menyediakan barang-barang ketengan yang dalam hal ini di minimarket tidak menyediakan, dan juga boleh menghutang bagi pembeli yang sudah kenal. Sehingga dari strategi tersebut pedagang kecil tetap dapat bertahan ditengah menjamurnya minimarket dikelurahan Sukarame dan juga tetap dapat terpenuhinya mata pencaharian pedagang kecil dari hasil berdagang diwarung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:58
Last Modified: 20 Nov 2017 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item