PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN METAKOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS V SDN 2 PURWODADI DALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN

Turmiasih, Sudirin (2023) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN METAKOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS V SDN 2 PURWODADI DALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TURMIASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN METAKOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS V SDN 2 PURWODADI DALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN Oleh TURMIASIH 1611100203 Berdasarkan permasalahan di SDN 2 Purwodadi Dalam Tanjung Sari Lampung Selatan diperoleh data yakni: terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan menulis siswa, diantaranya adalah Kemampuan Berpikir Kreatif dan Metakognitif Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Metakognitif Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yang berjumlah 32 peserta didik dengan jumlah laki-laki 21 dan perempuan 11. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa berkontribusi positif dan signifikan sebesar 5,7%; (2) Pengaruh Metakognitif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa berkontribusi positif dan signifikan sebesar 8,9%; (3) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Metakognitif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi secara bersama-sama berkontribusi positif sebesar 14,6%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Metakognitif dan Menulis Teks Eksposis iii ABSTRACT THE EFFECT OF CREATIVE THINKING AND METAKOGNITIVE SKILLS ON LEARNING TO WRITE EXPOSITION TEXTS FOR GRADE V STUDENTS OF SDN 2 PURWODADI DALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN By TURMIASIH 1611100203 Based on the problems in SDN 2 Purwodadi Dalam Tanjung Sari Lampung Selatan obtaited data, namely: there are several factors that can affect students` writing ability, including the ability to think creatively and metacognitive students. This study aims to tedermine how much influence the ability to think creatively and metacognitive learning to write text eksposition students. This research is a quantitative research, whit the type of research used is ex-post facto. This study uses 2 classes totaling 32 students with the number of men 21 and women 11. Data colletion technigues in the study in the form of tests and documentation. The results showed that (1) the influence of creative thinking skills on students’ lerning to write exposition text contributed positively and significantly by 5.7%; (2) the influence of metacognitive on students’ lerning to write exposition text contributed positively and significantly by 8.9%; (3) the influence of creative thinking and metacognitive skills on lerning to write exposition text together contributed positively by 14.6%. Keywords : Creative Thinking Ability, Metacognitive, and Writing Exposition Texts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:31
Last Modified: 13 Feb 2023 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23125

Actions (login required)

View Item View Item