PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

NENENG, NUR HASANAH (2022) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NENENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Bandar Lampung. Peran Guru BK dalam Bimbingan dan Konseling di sekolah dipandang sebagai guru khusus untuk peserta didik yang bermasalah masih tetap melekat disebagian besar peserta didik. Peserta didik berpersepsi bahwa setiap peserta didik yang dipanggil ke dalam ruangan BK merupakan peserta didik yang bermasalah. Padahal malah sebaliknya, yakni untuk meningkatkan intelek dan moral peserta didik dalam rangka mengembangkan dan membersihkan jiwa, serta mengikuti jalan kebaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling, faktor yang mempengaruhi persepsi serta faktor penghambat dan keberhasilan pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Design penelitian Case Studies dengan multiple case study. Prosedur yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dokumen. Hasil penelitian persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yaitu Layanan yang diberikan guru BK sangat penting dalam memotivasi dan arahan peserta didik, guru BK membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah,layanan tidak diberikan bagi peserta didik yang tidak memiliki masalah. Artinya adalah peserta didik di ini sudah sepenuhnya memahami bahwa bimbingan dan konseling di sekolah bertujuan agar dirinya dapat optimal dan menunjukan jati dirinya dalam berkembang dan memanfaatkan layanan dengan sebaik mungkin. Faktor Yang mempengaruhi Persepsi diantaranya keseharian guru BK, sarana dan prasarana serta faktor individual. Hambatan yang dirasakan guru BK dalam memberikan layanan adalah tidak ada waktu khusus untuk melakukan pendekatan dengan peserta didik, jobdesc masih disamakan dengan kesiswaan. keberhasilan yang dirasakan guru BK dalam memberikan layanan yaitu melihat para peserta didik menjadi mandiri dan mampu mengoptimalkan potensinya. Kata Kunci : Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling iii ABSTRACT This study is entitled Students' Perceptions of the Implementation of Guidance and Counseling Services at MAN 2 Bandar Lampung. The role of the BK teacher in Guidance and Counseling in schools is seen as a special teacher for students who have problems that are still attached to most students. Students perceive that every student who is called into the Guidance and Counseling room is a student with a problem. Whereas on the contrary, namely to improve the intellect and morals of students in order to develop and cleanse the soul, and follow the path of goodness. The purpose of this study is to determine the students' perceptions of the implementation of Guidance and Counseling services, the factors that influence perceptions and the inhibiting factors and the success of the implementation of Guidance and Counseling services. This study uses a qualitative method. Case Studies research design with multiple case studies. The procedure used in the research is in the form of observation, interviews, documents. The results of the research on students' perceptions of the implementation of guidance and counseling services, namely the services provided by BK teachers are very important in motivating and directing students, BK teachers help students in solving problems, services are not provided for students who do not have problems. This means that students here fully understand that guidance and counseling in schools aims to optimize themselves and show their identity in developing and utilizing services as well as possible. Factors that influence perceptions include the daily life of BK teachers, facilities and infrastructure as well as individual factors. The obstacle felt by BK teachers in providing services is that there is no special time to approach students, job descriptions are still equated with students. The success felt by BK teachers in providing services is seeing students become independent and able to optimize their potential. Keywords : Implementation of Counseling Guidance Service

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:51
Last Modified: 09 Feb 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item