PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Sekar, Ayu Kinasih (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SEKAR AYU KINASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi di kelas yang menyebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik rendah, yang mana seharusnya dalam kurikulum terbaru, peserta didik diharuskan aktif dalam pembelajaran di kelas, berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan dengan melakukan tes soal berbasis HOTS, dapat dilihat bahwa Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) peserta didik rendah. Ini dikarenakan proses pembelajaran oleh guru yang masih berorientasi LOTS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ―Apakah model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 6 Bandar Lampung?‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi mujahadah, husnuzhan dan ukhuwah terhadap kemampuan berpikir tinggi peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Non Equivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Dari teknik itu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X9 sebagai kelas kontrol menggunakan Direct Instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 85,1. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 77,9 . Hasil uji t independen menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Higher Order Thinking Skills ABSTRACT This research is motivated by the lack of application of various learning models in the classroom which causes students' high- level thinking skills to be low, which should be in the latest curriculum, students are required to be active in class learning, based on the results of pre- research that has been carried out by conducting test- based questions HOTS, it can be seen that students' Higher Order Thinking Ability (HOTS) is low. This is because the learning process by the teacher is still LOTS oriented. The formulation of the problem in this study is "Does the Discovery Learning learning model affect Higher Order Thinking Ability in PAI subjects at SMA Negeri 6 Bandar Lampung?" This study aims to determine the effect of the discovery learning learning model on mujahadah, husnuzhan and ukhuwah materials on the high- level thinking skills of class X students of SMA Negeri 6 Bandar Lampung In this study, the researcher used a Quasy Experiment type of research. This research design uses a Non Equivalent Control Group. Data collection techniques are tests and documentation. The sample in this research is purposive sampling. From this technique class X4 as the experimental class uses the Discovery Learning learning model and class X9 as the control class uses Direct Instruction. The results showed that the average post- test score for the experimental class was 85.1. While the average value of the control class post- test is 77.9. Independent t test results show that the value of Sig. 0.000 0.05 then Ho is rejected and H1 is accepted. This means that the Discovery Learning learning model influences Higher Order Thinking Ability (HOTS). Keywords: Learning Model, Discovery Learning, Higher Order Thinking Skills, Higher Order Thinking Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:21
Last Modified: 09 Feb 2023 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23072

Actions (login required)

View Item View Item