PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Sofa, Ricka Maya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan. Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan di MIN 10 Bandar Lampung pada pembelajaran Akidah Akhlak diketahui proses pembelajaran sudah kerap menggunakan model Group Investigation(GI), namun proses pembelajarannya kurang maksimal. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang di gunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas V MIN 10 Bandar Lampung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol yang menerapkan model Group Investigation(GI) dan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,479 (interpretasi sedang) dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol sebesar 0,260 (interpretasi rendah). Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji-t diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:43
Last Modified: 20 Nov 2017 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item