PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA KALISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

LUTHFIA, DWI JAYANTI (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA KALISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUTHFIA DWI JAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA KALI SARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh Luthfia Dwi Jayanti Desa merupakan salah satu tempat yang potensial bagi perekonomian suatu negara. Disinilah banyak potensi yang bisa dikembangankan, selain itu juga banyak sumber daya alam yang tersedia di dalamnya. Banyak potensi didesa yang dapat di kembangkan dan dapat menambah penghasilan masyarakat baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia nya. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mamanfaatkan sumber daya alam nya dengan baik. Desa Kali Sari juga mempunyai sumber manusia yang dalam usia produktif. Jadi banyak masyarakat yang mau membuka usaha namun masyarakat masih terkendala dengan modal. Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pemberdayaan Masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Kali Sari Kec. Natar Kab. Lampung Selatan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan mengumpulkan data-data yang disusun, dijelaskan, di inerprestasikan dan kemudian disimpulkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Desa Kali Sari kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini di ambil 11 orang dengan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun metode pengumpulan datanya adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan teknik verifikasi (kesimpulan). iii Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes berjalan dengan baik melalui tahap�tahap penyadaran, pelatihan, pendampingan dan evaluasi dan memiliki beberapa unit usaha seperti simpan pinjam, warung desa, dan unit pengembangan usaha seperti pembuatan sangkek belanja dan pembuatan sabun cuci tangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes diharapkan dapat memanfaatkan potensi alam yang ada di daerah tersebut. Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:16
Last Modified: 06 Feb 2023 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item View Item