UPAYA DINAS SOSIAL KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung)

NOVA, FINALETTA SARI (2023) UPAYA DINAS SOSIAL KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVA FINALETTA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penyandang disabilitas adalah orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, dan mental. Penyandang disabilitas yang ada di Kota Bandar Lampung merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi pada masyarakat saat ini yang disebabkan oleh keterbatasan untuk melakukan suatu hal sehingga mempengaruhi faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Dalam hal ini, Dinas Sosial Kota Bandar Lampung adalah lembaga yang bertugas untuk melakukan bantuan kepada para penyandang disabilitas dan lembaga ini tentunya telah melakukan upaya-upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan penulis bahas adalah bagaimana upaya Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas dan bagaimana upaya Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas perpektif fiqh siyasah. Tujuan penelitian ini untuk menemukan upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas dan untuk menganalisisnya kedalam perspektif fiqh siyasah. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Dalam fiqh siyasah, dinas sosial diartikan sebagai lembaga yang diberikan amanah oleh ulil amri (pemimpin) untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan serta memberi penghidupan yang layak bagi para penyandang disabilitas sesuai dengan peraturan yang sudah ada. Pengkajian terhadap kewenangan dinas sosial masuk kedalam pembahasan siyasah dusturiyah, karena dalam siyasah dusturiyah mengkaji tentang peraturan perundang-undangan, penetapan hukum oleh lembaga legislatif, peradilan dalam yudikatif dan pelaksana pemerintah oleh kekuasaan eksekutif. Dinas sosial dapat disetarakan dengan al-sulthah al�tanfidziyyah, karena tugas al-sulthah al-tanfidziyyah adalah melaksanakan undang-undang yang sudah ada Kata Kunci : Dinas Sosial, Pemberdayaan, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:33
Last Modified: 01 Feb 2023 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item