PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI (KADIR) BERBANTUAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Rizka, Lasita Dewi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI (KADIR) BERBANTUAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Rizka Lasita Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah merupakan suatu usaha individu dalam menentukan solusi dari suatu masalah menggunakan pengetahuan, keteranpilan, dan pemahamannya. Dalam pemecahan masalah matematika peserta didik memerlukan disposisi matematis supaya terdapat kemauan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan percaya diri. Bedasarkan hasil pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negri 2 Pematang Sawa masih rendah,hal ini ditunjukan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi (KADIR) berbantuan bahan ajar Gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Disposisi Matematis Peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 2 Pematang Sawa, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu anova dua jalan. Dengan hasil analisis yaitu (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran KADIR berbantuan bahan ajar Gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (2) Terdapat pengaruh disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran KADIR berbantuan bahan ajar Gamifikasi dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: KADIR, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:28
Last Modified: 31 Jan 2023 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22944

Actions (login required)

View Item View Item