PENERAPAN METODE USWAH HASANAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI DI TK ANGGREK PUTIH TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

ZAKIA, TUSSHALEKHAH (2023) PENERAPAN METODE USWAH HASANAH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI DI TK ANGGREK PUTIH TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZAKIA TUSSHALEKHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga pendidikan anak usia dini, moral dan nilai nilai agama ditanaman antara lain melalui metode uswah hasanah (keteladanan) dari guru maupun orangtua. Pengembangannnya akan berempati dan lebih bermakna apabila pendidik menghadirkan sesuatu yang nyata dalam bentuk kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah. perkembangan nilai-nilai moral dan agama anak terindikasi belum berkembang secara maksimal, hal tersebut dimungkinkan kurangnya pembelajaran yang inovatif dari pendidik sehingga membuat anak bosan dengan belajar yang terlalu monoton. Hal ini dapat dilihat pada saat anak makan sambil berdiri dan berjalan-jalan, ketika hendak meminta bantuan anak tidak menggunkan kata tolong, dan masih belum membiasakan berbagi kepada teman, kurangnya kerjasama antar teman sebaya serta beberapa anak tidak mau menyelesaikan tugasnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah adalah kualitatif dengan pendekatan depskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas/guru dan anak usia 5-6 tahun dikelas B sejumlah 12 anak yamg meliputi 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan selanjutnya penelitian analisis mengunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode uswah hasanah dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral di kelas B yaitu : (i) Tahap pertama uswah hasanah yang dilakukan secara bersama-sama setiap hari pada awal inti dan akhir kegiatan dengan guru memberikan contoh dan anak menirukan yang disengaja yaitu hafalan surat- surat pendek dan do‟a do‟a harian lembaga pendidikan. (ii) Penerapan metode uswah hasanah dalam mengembangkan nilai moral dan agama anak, guru dan murid yaitu praktek sholat dhuha. (iii) Guru pada pengembangan nilai-nilai moral dan agama didalam kelas dengan berlatih puasa. (iv) Guru memberikan contoh sopan santun berupa cara berpakaian, bertutur kata dan bersikap serta guru memberikan contoh sikap yang sederhana kepada murid. (v) Guru mengajarkan berjabat tangan dan mengucapkan salam dengan sesama guru. Kata kunci : Metode uswah hasanah, nilai-nilai moral dan agama, anak usia dini iii ABSTRACT Early childhood education institutions, moral and religious values are instilled, among others, through the uswah hasanah (exemplary) method from teachers and parents. The development will be empathetic and more meaningful if educators present something tangible in the form of daily activities both at home and at school. The development of children's moral and religious values is indicated to have not developed optimally, it is possible that the lack of innovative learning from educators makes children bored with learning that is too monotonous. This can be seen when children eat while standing and walking, when they want to ask for help the child does not use the word help, and is still not getting used to sharing with friends, the lack of cooperation between peers and some children do not want to complete their assignments. In this study, the method used is qualitative with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were homeroom teachers/teachers and children aged 5-6 years in class B with a total of 12 children which included 5 boys and 5 girls. Data collection methods in this study include observation, interviews and documentation. The resulting data is then analyzed using data reduction, data display and drawing conclusions. Based on the results of this study, it can be concluded that the uswah hasanah method in developing religious and moral values in class B, namely: (i) The first stage of uswah hasanah which is carried out together every day at the beginning of the core and the end of the activity with the teacher providing examples and Children imitate deliberately, namely memorizing short letters and the daily prayers of educational institutions. (ii) The application of the uswah hasanah method in developing the moral and religious values of children, teachers and students, namely the practice of praying dhuha. (iii) Teachers on the development of moral and religious values in the classroom by practicing fasting. (iv) The teacher gives examples of good manners in the form of how to dress, speak and behave and the teacher gives examples of simple attitudes to students. (v) The teacher teaches shaking hands and greeting fellow teachers. Keywords: Uswah hasanah method, moral and religious values, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:00
Last Modified: 26 Jan 2023 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item