PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS METODE SURVEY QUESTION READ RECITE AND REVIEW (SQ3R) POKOK BAHASAN SEJARAH PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD PERIODE MADINAH KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

Isnaeni Hadi, Maya (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS METODE SURVEY QUESTION READ RECITE AND REVIEW (SQ3R) POKOK BAHASAN SEJARAH PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD PERIODE MADINAH KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Maya.pdf]
Preview
PDF
Download (66MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul pembelajaran dan rendahnya minat atau motivasi peserta didik untuk membaca modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas secara menarik dan materi yang disampaikan juga kurang mendalam sehingga siswa tidak tergerak untuk membaca modul tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PAI berbasis metode survey question read recite and review (SQ3R) pokok bahasan sejarah perjuangan dakwah nabi muhammad periode Madinah untuk siswa SMP kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung, mengetahui kualitas modul PAI berdasarkan 2 ahli materi, 2 ahli desain, dan 2 guru mata pelajaran PAI, serta respon peserta didik terhadap modul pembelajaran PAI yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan modul meliputi tahap potensi/masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, penggunaan lembar validasi, angket respon peserta didik dan dokumentasi. Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan pada aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, aspek kebahasaan, aspek SQ3R, serta aspek kegrafikan. Penilaian produk pengembangan modul pembelajaran ini di analisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil validasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain. Hasil penilaian berdasarkan penilaian atau kualitas ahli materi modul pembelajaran mencapai kriteria interpretasi “Baik (B)” dengan nilai rata-rata 196 dan presentase keidealan sebesar 78,7%, sedangkan menurut ahli desain adalah “Sangat Baik (SB)” dengan nilai rata-rata 129 dan presentase keidealan 92,1%. Selanjutnya setelah divalidasi oleh ahli, maka selanjutnya diujicobakan melalui satu tahap yaitu uji coba produk lapangan terbatas oleh 2 guru mata pelajaran PAI dengan hasil penilaian guru adalah 87 dan presentase keidealan 91,5%. Dan hasil respon peserta didik terhadap modul tersebut adalah diperoleh skor 1225 dari skor maksimal ideal yaitu 1320 dengan presentase 92,6% memiliki kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan modul pembelajaran PAI berbasis metode survey question read recite and review (SQ3R) pokok bahasan sejarah perjuangan dakwah Nabi Muhammad Saw periode Madinah yang berkualitas dan menarik serta layak digunakan sebagai menurut para ahli sebagai bahan ajar PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:17
Last Modified: 17 Nov 2017 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item