STRATEGI PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAKWAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALISONGO LAMPUNG UTARA

AHMAD, THOMY IRFAN (2023) STRATEGI PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAKWAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALISONGO LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI TOMI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pengurus pondok dalam meningkatkan kualitas dakwah santri di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengurus pondok dalam meningkatkan kualitas dakwah santri di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitati. Sampel penelitian ini adalah 14 orang di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview / wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yang ada di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara yaitu 1 kyai, 4 ustadz, 1 administrator, dan 8 santri.Sedangkan data sekunder merupakandata pelengkap yang diperoleh dari buku-buku literatur, informan lain yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengurus pondok dalam meningkatkan kualitas dakwah santri di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara yaitu 1). melakukan kerjasama dengan masing-masing pemerintah daerah yang ada di Lampung; 2) melakukan proses peningkatan keterampilan santri dengan melakukan latihan dakwah; 3) mengadakan praktikum dakwah; dan 4) melakukan evaluasi setelah selesai melakukan latihan dakwah maupun praktikum dakwah. Faktor pendukung pengurus pondok dalam meningkatkan kualitas dakwah santri di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara yaitu 1) pengurus diwajibkan memiliki ilmu yang lebih tinggi dan berpengetahuan luas tentang keagamaan karena kedudukan seorang pengurus di pondok pesantren walisongo lampung utara ini disamping sebagai pengasuh pada umumnya, secara khusus beliau juga merupakan guru untuk para santrinya; 2) tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap guna menunjang proses pembelajaran; dan 3)mendapat dukungan dari masyarakat sekitar dan didaerah lainnya dengan kegiatan dakwah yang diadakan oleh para santri yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan berdakwah terjun langsung dimasyarakat. Serta faktor penghambat pengurus pondok dalam meningkatkan kualitas dakwah santri di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara yaitu1) ustadz/pengurus yang tidak tetap mengajar di pondok pesantren walisongo lampung utara, ketidakdisiplinan para santri; 2) bahasa terutama bahasa arab dan makhrajnya masih kurang pas karena perbedaan kemampuan para iii santrinya berbeda-beda sehingga ada santri yang cepat dalam memahami dan ada juga santri yang lambat dalam memahami pembelajaran bahasa arab; dan 3) adanya paksaan masuk pesantren walisongo lampung utara sehingga membuat para santri tidak dapat menerima pembelajaran dengan baik. Kata Kunci : Strategi, Pengurus, Pondok Pesantren iv ABSTRACT This study aims to describe the strategy of boarding school administrators in improving the quality of Islamic da'wah at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung, as well as the supporting and inhibiting factors of the boarding school administrators in improving the quality of Islamic da'wah at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The sample of this study was 14 people at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung. This study uses data collection techniques using the method of observation, interviews / interviews and documentation. Primary data were obtained directly from respondents at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung, namely 1 kyai, 4 ustadz, 1 administrator, and 8 students. While secondary data is complementary data obtained from literature books, other informants who have to do with the problem under study. The results of the study can be concluded that the strategies of the boarding school administrators in improving the quality of Islamic da'wah at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung are 1). cooperate with each local government in Lampung; 2) carry out the process of improving the skills of students by doing da'wah exercises; 3) hold da'wah practicum; and 4) evaluate after completing the da'wah training and da'wah practicum. The supporting factors for the boarding school administrators in improving the quality of Islamic da'wah at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung, are 1) the administrators are required to have higher knowledge and have extensive knowledge of religion because of the position of an administrator at the Walisongo Islamic Boarding School, Lampung Utara, apart from being a caregiver in general, in particular he is also a teacher for his students; 2) the availability of adequate and complete facilities and infrastructure to support the learning process; and 3) getting support from the surrounding community and other areas with da'wah activities held by the students in collaboration with the local government by preaching directly in the community. As well as the inhibiting factors for boarding school administrators in improving the quality of preaching for students at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung, namely 1) Ustadz/managers who do not continue to teach at the Walisongo Islamic Boarding School, North Lampung, the indiscipline of the students; 2) the language, especially Arabic and makhraj, is still not quite right because of the different v abilities of the students so that there are students who are fast in understanding and there are also students who are slow in understanding Arabic learning; and 3) the existence of coercion to enter the Walisongo Islamic Boarding School in North Lampung, which made the students unable to receive learning properly. Keywords: Strategy, Management, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:20
Last Modified: 25 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item