PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

JESSI, WULANDARI (2023) PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI JESSI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh setiap siswa untuk memahami permasalahan dalam pembelajaran. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuam pemecahan masalah siswa SMP Gajah Mada masih kurang. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pra penelitian kelas VIII. Siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau nilai < 70 sebanyak 61 dari 80 siswa. Peneliti tertarik unuk menerapkan metode yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan mengontrol motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini merpakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Teknik penelitian sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi pola bilangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan diperoleh p-value sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan mengontrol motivasi belajar siswa. p-value sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. p-value sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:13
Last Modified: 24 Jan 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item