MPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BATU KETULIS LAMPUNG BARAT

Novita, Nofriyanti (2023) MPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BATU KETULIS LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVITA NOFRIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan emosional merupakan aspek penting dari kesuksesan peserta didik dalam belajar disekolah. Kecerdasan emosional terdiri dari kemampuan peserta didik mengenali diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Fenomena yang terjadi dilapangan masih banyak peserta didik yang menampilkan kecerdasan emosional itu sendiri terlihat dari sikap peserta didik yang mudah marah, mudah tersinggung, malu dan merasa cemas. Kondisi ini terkadang mengganggu kehidupan efektif sehati�hari mereka. Penelitian implementasi layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Lampung Barat tentang bagaimana pelaksanaan program layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik, bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasa emosional peserta didik, dan apa kendala yang terjadi dalam proses layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Lampung Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif naratif dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan design penelitian fieled research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data dilengkapi dengan 5 sample. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Lampung Barat menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan program layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik dilakukan dengan melakukan need asessment, menetapkan masalah peserta didik, dan melaksanakan rencana pemberian layanan (RPL) sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 2) Peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan iii emosional peserta didik yaitu melaksanakan program perbaikan dan upaya mengembangkan kecerdasaan emosional peserta didik dalam memberikan layanan bimbingan konseling individu terhadap peserta didik sesuai dengan permasalahan. 3) Kendala yang terjadi dalam proses layanan bimbingan konseling individu dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah terbatas untuk bertatap muka langsung karena harus melewati izin, untuk melakukan home visit tidak memungkinkan, kurangnya kepedulian orang tua dan masih ada peserta didik yang belum terbuka dengan guru bimbingan dan konseling karena menganggap berurusan dengan anak-anak yang bermasalah sehingga peserta didik takut berkomunikasi dengan guru bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Implementasi Layanan Bimbingan Konseling, Kecerdasan Emosional Peserta didik. iv ABSTRACT Emotional intelligence is an important aspect of the success of students in learning at school. Emotional intelligence consists of students' ability to recognize themselves, manage their emotions, motivate themselves, recognize the emotions of others, and the ability to build relationships with others. The phenomenon that occurs in the field is that there are still many students who display emotional intelligence itself, which can be seen from the attitude of students who are easily angry, easily offended, embarrassed and feel anxious. This condition sometimes interferes with their effective daily life. Research on the implementation of individual counseling guidance services in developing students' emotional intelligence at SMP Negeri 1 Batu Ketulis West Lampung about how to implement individual counseling guidance services programs in developing students' emotional intelligence, how is the role of counseling guidance teachers in developing students' emotional intelligence, and what are the obstacles that occurs in the process of individual counseling guidance services in developing students' emotional intelligence. The purpose of the study was to describe the implementation of individual counseling guidance services in developing the emotional intelligence of students at SMP Negeri 1 Batu Ketulis, West Lampung. This research is descriptive in nature and belongs to the type of qualitative research. The design used in this research is using a fielded research design. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Presentation of data is equipped with 5 sample Based on the results of research at SMP Negeri 1 Batu Ketulis, West Lampung, it shows that: 1) The implementation of individual counseling service programs in developing students' emotional intelligence is carried out by conducting need assessments, determining student problems, and implementing service delivery plans (RPL) according to needs. learners. 2) The role of counseling guidance teachers in developing students' emotional intelligence is to carry out improvement programs and efforts to develop students' emotional v intelligence in providing individual counseling guidance services to students according to the problems. 3) Constraints that occur in the process of individual counseling guidance services in developing students' emotional intelligence are limited to face-to-face because they have to pass permission, to make home visits not possible, lack of parental care and there are still students who are not open to the guidance teacher. and counseling because they consider dealing with problematic children so that students are afraid to communicate with guidance and counseling teachers. Keywords: Implementation of Counseling Guidance Services, Emotional Intelligence of Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:44
Last Modified: 20 Jan 2023 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item