EFEKTIFITAS PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU POSITIF DALAM MENGGUNAKAN GADGET DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

ERIN, SEPRIYANTI (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU POSITIF DALAM MENGGUNAKAN GADGET DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ERIN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya penggunaan gadget peserta didik di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, seperti banyaknya peserta didik tidak bisa lepas dari gadget, belum menegrtinya peserta didik tentang bagaimana prilaku dalam menggunakan gadget seharusnya, dan pserta didik lebih mementingkan kegiatan lain yang lebih menyenangkan daripada menyelesaikan tugas yang pada awalnya hal tersebut jarang terjadi sehingga perlu adanya upaya untuk menumbuhkan prilaku positif peserta didik dalam menggunakan gadget tersebut dengan pemberian layanan bimbingan dan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive behavior therapy. Pendekatan Cognitive behavior therapy bertujuan untuk membantu peserta didik dalammenghubungkan pemikiran dengan emosi dan prilaku agar segala yang dilakukan dapat terarah dan melakukan tindakan positif dalam menggunakan gadget. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket prilaku positif siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 7 sejumlah 8 peserta didik. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan Purposive Sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan bantuan aplikasi software SPSS Statistic 18 for windows. Hasil perhitungan rata-rata mean pretest dan posttest terdapat penurunan sebelum dan sesudah pemberian layanan. Berdasarkan hasil hasil pre-test dan Post-Test yang telah dilakukan, maka diperoleh niai thitung = 16.195 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05 = 2.306 dengan ketentuan thitung lebih besar dari ttabel (16.195 ≥ 2.306), maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha dapat diterima karena terdapat perbedaan setelah diberikan pendekatan behavior dengan teknik menjeemen diri efektif dalam menumbuhkan prilaku positif dalam menggunakan gadget peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung Lampung. Kata Kunci: Cognitive Behavior Therapy, Menejemen Diri, Prilaku Positif, Gadget

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:28
Last Modified: 20 Jan 2023 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22816

Actions (login required)

View Item View Item