STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Agustin, Nicen (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Nicen.pdf]
Preview
PDF
Download (62MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di MIN 10 Bandar Lampung, diketahui bahwa pelaksanaan proses pembelajaran IPS secara umum masih berpusat kepada guru (teacher centered) siswa kurang dilibatkan dalam akivitas pembelajaran di kelas. Selain itu proses pembelajran juga masih didominasi oleh model konvesional, guru masih jarang menggunakan variasi model pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran untuk mengiringi metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik, agar lebih aktif dalam proses pembelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbandingan model Jigsaw dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VI di MIN 10 Bandar Lampung ?. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran Jigsaw dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS pada materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia peserta didik kelas VI semester ganjil di MIN 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI MIN 10 Bandar Lampung yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen1 (VIA) eksperimen2 (VIB). Model pembelajaran Jigsaw dilaksanakan di kelas VI A dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas VI B. Teknik pengumpulan data ialah dengan test objektif, wawancara dan dokumentasi. Setelah data test objektif dikumpulkan kemudian pengelolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan uji gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa adanya perbandingan antara model pembelajaran Jigsaw dan Student Facilitator and Explaining terhadap peningkatan hasil belajar IPS pada materi perkembangan sistem administrasi Indonesia pada peserta didik kelas VI semester ganjil di MIN 10 Bandar Lampung. Pada kelas eksperimen I hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 85,5, sedangkan pada kelas eksperimen II dengan rata-rata 82,8

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 04:52
Last Modified: 17 Nov 2017 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item