EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Meisa, Maharani (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of MEISA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 22 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh Meisa Maharani 1511080255 Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang atau peserta didik untuk mengenali emosidiri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.Assertive training merupakan salah satu teknik pendekatan behavior, yang dapat dilakukkan untuk mengubah tingkah laku menjadi tingkah laku yang lebih baik. Assertive training merupakan salah satu teknik pendekatan behavior, yang dapat dilakukkan untuk mengubah tingkah laku menjadi tingkah laku yang lebih baik. Assertive training dapat menghasilkan perilaku assertif pada diri individu. Dalam perilaku assertif individu dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain dengan cara berkomunikasi, individu dapat mengekspresikan perasaan dengan senang tanpa merasa cemas dan tetap menghormati peraturan dan norma-norma yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yang digunakan yaitu desain!penelitian yang digunakan!yakni Eksperimen One-group Pretest-postest!Design.Dengan membandingkan hasil Pre-test dan Post-test. Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri yang berkaitan dengan relasi, berempati kepada orang lain, mengelola rasa gembira dan sedih, serta kemampuan untuk memotivasi dirinya. Kecerdasan emosional peserta didik adalah mampu secara cerdas dan pintar menggunakan emosinya. Namun pada kenyataannya ,peserta didik yang mempunyai kemampuan intelegensi tinggi sering kali terpuruk ketika menghadapi permasalahan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, tarafintelegensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi yaitu kecerdasan emosional. iv Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 peserta didik dari kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang memiliki kecerdasan emosional yang cukup redah hasil penelitian menunjukkan gambaran memotivasi diri sendiri peserta didik pada kategori tinggi sebanyak 13 peserta didik, pada kategori sedang sebanyak 3 peserta didik, dan pada kategori rendah sebanyak 12 peserta didik . Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Kecercadasan Emosional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:01
Last Modified: 19 Jan 2023 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item