IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 35 BANDAR LAMPUNG

MARIZA, ANGGUN PERTIWI (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 35 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARIZA ANGGUN PERTIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan pokok dalam membentuk individu yang memiliki potensi diri yang optimal, karena dengan percaya diri yang positif mampu menjadikan individu memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya tanpa merasa minder atas kekurangannya. Selain itu komunikasi interpersonal adaah komunikasi antara seorang komunikator dan seorang komunikan dalam upaya mengubah sifat, pendapat dan perilaku seseorang, karena sifat dialogis berupa percakapan dan arus balik yang bersifat langsung. Keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Di dalam bimbingan kelompok membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal yang rendah. Dengan mengikuti bimbingan kelompok peserta didik cenderung pasif dan pendiam di tuntut untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya. Sehingga mampu merubah pola piker, kebiasaan dan tingkah laku dalam sehari-hari menjadi lebih bermakna dan positif dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan pola sosialisasi dengan orang lain. Melalui layanan Bimbingan Konseling dengan penggunaan layanan bimbingan kelompok di harapkan agar peserta didik mampu menjadi lebih percaya diri atas kemampuan dan potensi dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya lebih optimal dan menjadikan keyakinannya lebih berani tampil ketika di orum umum baik dalam diskusi maupun kegiatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang di berikan guru Bimbingan Konseling untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal peserta didik di SMP Negeri 35 Bandar Lampung. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi di gunakan untuk mengidentifikasi peserta didik yang awalnya kurang ada peserta didik yang pendiam dan tidak berani saat mengikuti forum diskusi, namun iii setelah di berikan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan RPL yaitu dengan media motivasi dan slide materi yang di berikan terkait kepecayaan diri dan komunikasi interpersonal demikian dapat di simpulkan bahwa upaya yang di berikan guru bimbingan konseling melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal peserta didik. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Percaya Diri, Komunikasi Interpersonal iv ABSTRACT Self-confidence is essential in forming individuals who have optimal self-potential, because positive self-confidence is able to make individuals have confidence in their abilities without feeling inferior about their shortcomings. In addition, interpersonal communication is communication between a communicator and a communicant in an effort to change the nature, opinions and behavior of a person, because of the dialogical nature of direct conversation and feedback. The existence of Guidance and Counseling services in schools plays a role in helping students not to hesitate in achieving positive self�actualization. Group counseling has a positive influence on students who have low self-confidence and interpersonal communication. By participating in group counseling, students tend to be passive and quiet and are required to dare to express their opinions in front of their group members. So that they are able to change patterns of thinking, habits and behavior in everyday life to be more meaningful and positive in doing everything related to socialization patterns with other people. Through Guidance Counseling services with the use of group counseling services, it is hoped that students will be able to become more confident in their abilities and potential, be able to develop their potential more optimally and make their beliefs more daring to appear in public forums both in discussions and other activities. The purpose of this study was to find out how the efforts given by Guidance Counseling teachers to help increase students' self�confidence and interpersonal communication at SMP Negeri 35 Bandar Lampung. The research method used is qualitative research methods. Data collection techniques with interviews, observations, and documentation were used to identify students who initially lacked students who were quiet and did not dare to participate in discussion forums, but after being given group counseling services in accordance with the RPL, namely with motivational media and slides of material presented. related to self-confidence and interpersonal communication, it can be concluded that the efforts given by counseling teachers through group counseling service activities can increase students' self-confidence and interpersonal communication. Keywords: Group Counseling, Confidence, Interpersonal Communication

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:04
Last Modified: 19 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22770

Actions (login required)

View Item View Item