EKSPERIMENTASI KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

SADILLA, RENADHEA (2023) EKSPERIMENTASI KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI SADILLA RENADHEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemandirian belajar merupakan suatu keadaan aktivitas belajar dengan kemampuan sendiri tanpa adanya ketergantungan kepada yang lain. Artinya, peserta didik yang mandiri dalam belajar akan menyelesaikan aktivitas belajarnya tanpa bantuan dari orang lain dan akan percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku kemandirian belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Bandar Lampung dengan menggunakan konseling individu dengan teknik client centered. Penelitian menggunakan metode Singel Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan baseline A1, tahap kedua peneliti memberikan perlakuan (treatment) atau intervensi B, dan tahap terakhir yaitu baseline A2, metode pengumpulan data yang digunakan dalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil menunjukkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik terhadap perilaku kemandirian belajar yang ditunjukkan subjek MDR. Pada tahap baseline A1 terlihat perilaku kemandirian belajar peserta didik yang menurun. Pada tahap intervensi saat diberikan perlakuan berupa konseling client centered menunjukkan perubahan perilaku kemandirian belajar MDR yang baik. Kemudian tahap baseline A2 tanpa diberikan intervensi menunjukkan hasil yang semakin membaik. Dengan persentase overlape sebesar 1% maka dapat dinyatakan bahwa perilaku kemandirian belajar pada peserta didik di SMA Negeri 8 Bandar Lampung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dengan menggunakan teknik client centered. Kata kunci : Konseling Client Centered, Kemandirian Belajar iii ABSTRACT Learning independence is a state of learning activity with its own ability without any dependence on others. That is, students who are independent in learning will complete their learning activities without help from others and will believe in their abilities. The purpose of this study was conducted to determine changes in the behavior of independent learning students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung by using individual counseling with client centered techniques. The study used the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The subject in this study was a student in class XI IPS 1 SMA Negeri 8 Bandar Lampung. The research process took place in 3 stages. The first stage of the research is to conduct baseline A1, the second stage is to provide treatment or intervention B, and the final stage is baseline A2. The data collection methods used are observation, interviews and documentation. Data analysis uses analysis within conditions and analysis between conditions, presented in the form of tables and graphs. The results show that there is a change in a better direction towards the independent learning behavior shown by the MDR subject. At the baseline stage A1, it can be seen that the behavior of the independent learning of students is decreasing. At the intervention stage, when given treatment in the form of client centered counseling, it showed good behavior changes in MDR learning independence. Then the baseline A2 stage without intervention showed better results. With an overlap percentage of 1%, it can be stated that the independent learning behavior of students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung has changed for the better by using the client centered technique. Keywords: Client Centered Counseling, Learning Independence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:04
Last Modified: 19 Jan 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22761

Actions (login required)

View Item View Item