PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII B DI SMP ISLAM EL SYIHAB BANDAR LAMPUNG

JENTA, PANANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII B DI SMP ISLAM EL SYIHAB BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1.5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full jenta.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu usaha kesadaran untuk menyiapkan siswa melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Pembelajaran pendudukan agama islam adalah interaksi pendidik dalam memberikan bimbingan kepada siswa untuk mengetahui ketentuan�ketentuan dalam agama Islam.Guru dalam pembelajaran sangat dituntut agar mampu menjadikan proses pembelajaran itu berlangsung secara kondusif.Salah satunya seorang guru membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa,agar pesan yang disampaikan bias lebih jelas dan mudah dipahami dalam siswa.Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah multimedia ,penggunaan multimedia tersebut dapat melengkapi berbagai pengalaman dasar yang dimiliki siswa,dapat memancing inspirasi baru, menarik nilai-nilai rekreasi serta memperlihatkan objek sebenarnya.Hal tersebut yang menjadi alas an penulis untuk melakukann penelitian ini.Dengan pertanyaan penelitian yang akan penulis bahas sebagai berikut:Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII B di SMP Islam El Syihab Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII B di SMP Islam El Syihab Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik dengan pengumpulan data yang dikumpulkan melalui cara wawancara,observasi,dokumentasi.Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini,yaitu triangulasi sumber,teknik dan waktu.Kemudian untuk analisi data dilakukan dengan mereduksi data,menyajikan data, dn menarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII B di SMP Islam El Syihab Bandar Lampung sudah dilakukan cukup baik dan dinilai cukup efektif. Hal tersebut terbukti dilihat dari pembelajaran lebih menarik mudah dipahami, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan sikap - sikap siswa pun menjadi berubah menjadi senang, tidak bosan,semangat dan antusias dalam proses pembelajaran serta perhatian siswa terpusat kepada topik yang dibahas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:07
Last Modified: 18 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item