PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

YOGI, SETIAWAN (2023) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGI SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang motivasi belajar pada peserta didik. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik terdapat motivasi belajar rendah yang dialami peserta didik seperti tidak mengumpulkan tugas, tidak masuk saat jam pelajaran berlangsung terutama pelajaran matematika, tidak pokus belajar, dan kurang semangat saat jam pelajaran berlangsung. Seperti yang peneliti temukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah berupa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak masuk saat jam pelajaran, dan kurang semangat saat jam pelajaran berlangsung. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan pelaksanaan konseling kelompok melalui teknik self-talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiaannya adalah penelitian lapangan (Field Research), dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan juga berupa dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung, dan subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, wali kelas, dan peserta didik. Teknik pengambilan subjek dengan menggunakan purposive sampling, dan kemudian tempat penelitian ini adalah di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tahap perencanaan konseling kelompok melalui teknik self-talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 19 BandarLampungdapat dilihat melalui absensi kehadiran peserta didik, daftar nilai, buku kasus, kartu indeks, dan RPL sebagai bahan untuk perencanaan konseling kelompok melalui teknik self-talk dalam meningkatkan motivasi belajar. Kemudian untuk tahap pelaksanaan dapat dilihat melalui metode countering sebagai tahapan untuk melaksanakan konseling kelompok melalui teknik self-talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: Meningkatkan Motivasi Belajar, Konseling Kelompok, Self-talk ii ABSTRACT This study explains the motivation to learn in students. In an effort to increase learning motivation in students, there is low learning motivation experienced by students such as not collecting assignments, not attending during lessons, especially math lessons, and lack of enthusiasm during lessons. The problem is based on the researchers conducting research with the implementation of group counseling through self-talk techniques in increasing the learning motivation of class VIII students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. This study uses a qualitative research type, with the type of research being Field Research, where the researcher describes any phenomena encountered in the field. The procedures for data collection using observation, interviews and also in the form of documentation. The population in this study were students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung, and the subjects of this study were guidance and counseling teachers, homeroom teachers, and students. The technique of taking the subject was using purposive sampling, and then the place of this research was at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Based on the results of the study showed that the planning stage of group counseling through self-talk techniques in increasing the learning motivation of class VIII students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung can be seen through student attendance, list of grades, case books, index cards, and RPL as material for planning group counseling through self-talk techniques in increasing learning motivation. Then for the implementation stage, it can be seen through the countering method as a stage to carry out group counseling through self-talk techniques in increasing students' learning motivation. Keywords: Increasing Learning Motivation, Group Counseling, Self-talk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:00
Last Modified: 17 Jan 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item