LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

BERTA, RISALIA (2023) LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penurunan kemandirian yang dialami oleh peserta didik di MAN 1 Lampung Tengah haruslah segera ditangani oleh sebab itu sebagai solusi yang diberikan penulis mengangkat permasalahan dengan judul Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Kelas XI di MAN 1 Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui layanan konseling behavioral dengan teknik self management dalam meningkatkan kemandirian peserta didik kelas XI di MAN 1 Lampung Tengah dan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa penulis menggunakan analisis kualitatif. Pemberian layanan pada penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, tahap obsevasi diri, tahap evaluasi diri dan tahap pemberian penguatan, penghapusan dan hukuman. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Di MAN 1 Lampung Tengah. Jumlah sampel yang digunakan ada empat yakni AS, DS, KDPS dan ZP. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan metode mengacu, untuk melakukan pengecekan pada pengumpulan data atau informasi apakah hasilnya informasi metode wawancara sama dengan metode observasi atau hasilnya metode observasi sesuai dengan informasi saat dilaksanakan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang peneliti lakukan dalam skripsi ini maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioral dengan teknik self management dalam meningkatkan kemandirian peserta didik kelas XI di MAN 1 Lampung Tengah dapat membantu mengatasi penurunan kemandirian yang telah dihadapi oleh peserta didik. Hal ini dibuktikan dari peningkatan peserta didik berupa (1) tidak bergantung pada orang lain dalam melaksanakan tugas yang diberikan (2) memiliki rasa percaya diri dalam menunjukkan kemampuan diri (3) disiplin dengan menyelesaikan tugas tepat waktu (4) tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas . Kata Kunci: Konseling Behavioral, Self Management, Kemandirian. iii ABSTRACT The decrease in independence experienced by students at MAN 1 Central Lampung must be addressed immediately, therefore as a solution the author raises the problem with the title behavioral counseling services with self management techniques in increasing the independence of class XI students at MAN 1 Central Lampung. The purpose of this study is to find out behavioral counseling services with self-management techniques in increasing the independence of class XI students at MAN 1 Central Lampung and the research that the author uses is descriptive qualitative field research. This research uses descriptive qualitative field research, with interview, observation and documentation data collection techniques. To analyze the authors use qualitative analysis. The provision of services in this study was carried out in 3 stages, the stage of self�observation, the stage of self-evaluation and the stage of providing reinforcement, elimination and punishment. The subjects used in this study were students of class XI at MAN 1 Central Lampung. The number of samples used were four, namely AS, DS, KDPS and ZP. The validity of the data using triangulation with reference to, to check the collection of data or information whether the results of the interview method are the same as the observation method or the results of the observation method are in accordance with the information when carrying out the interview method. Based on the results of the research and data processing that the researchers carried out in this thesis, it can be concluded that behavioral counseling services with self-management techniques in increasing the independence of class XI students at MAN 1 Central Lampung can help overcome the decline in independence that has been faced by students. This is evidenced by the increase in students in the form of (1) not depending on others in carrying out the given task (2) having confidence in showing self-ability (3) discipline by completing assignments on time (4) responsibility in completing assignments. Keywords: Behavioral Counseling, Self Management, Independence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:08
Last Modified: 16 Jan 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22704

Actions (login required)

View Item View Item