PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Khasanah, Uswatun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Uswatun.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Pada pembelajaran matematika peserta didik kurang merespon terhadap penyampaikan materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman matematika peserta didik, yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match agar siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design, penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhyna untuk mengontrol variabel-veriabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar Matematika pada siswa di MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design. Data yang digunakan penelitian ini adalah data kuantitatif. Objek yang diamati adalah siswa kelas IV Zaid bin Stabit dan Thoriq bin Ziad MIT Muhammadiah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018, dengan melibatkan 50 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5%, diperoleh thitung = 2,152 dan t(0,025;48) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;48), berakibat HO ditolak, dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika kelas IV MIT Muhammadiah Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:53
Last Modified: 17 Nov 2017 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item