KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP KONSUMEN RM SAMBEL ALU BANDAR LAMPUNG

YAZID, HAJRIAN DINATA (2023) KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP KONSUMEN RM SAMBEL ALU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Purchase Decision in terms of Brand Image and Lifestyle By : Yazid Hajrian Dinata The purchasing decisions of urban consumers are not only based on the taste or quality of the product, but also other factors such as brand image and lifestyle, which are largely ignored by local culinary business actors. This shows that urban communities with high mobility want a product that is able to answer the problem, namely fast, practical and prestige food products. The existence of this study aims to uncover and analyze consumer purchasing decisions in terms of brand image and lifestyle, whether there is a positive and significant relationship between brand image and lifestyle with purchasing decisions at RM Sambel Alu Bandar Lampung consumers. This research is a quantitative research that uses a psychological measuring instrument with a Likert scale model as a method of data collection. Purchase decision scale with cronbach alpha (α = 0.815), brand image scale with cronbach alpha (α = 0.813), and lifestyle scale with cronbach alpha (α = 0.936). The population in this study were all consumers of RM Sambel Alu with certain criteria determined by the researcher. To ensure that the sample can truly represent the entire population, the researchers chose purposive sampling and accidental sampling as a reference in sampling. Analysis of research data was carried out using the two predictor regression analysis technique which in the calculation process was assisted by the SPSS 21 computer program. The results showed that there was a positive and significant relationship between brand image and lifestyle with consumer purchasing decisions of RM Sambel Alu. The results of the regression analysis showed that the two independent variables gave an effective contribution (SE) of 36.2% to purchasing decisions (R2=0.362; R=0.601; F=27.459; sig. 0.000 (p<0.01), while the remaining 63.8% could be influenced by variables. other than this research. X1-Y=0.360; sig. 0.000 (p<0.01) meaning that there is a significant positive relationship between brand image and purchasing decisions. X2-Y= 0.581; sig. 0.000 (p<0.05) meaning that there is a positive relationship significant relationship between lifestyle and purchasing decisions. Keywords: Purchase Decision; Brand Image; Lifestyle; Consumer; Local Culinary. ABSTRAK Keputusan Pembelian Ditinjau dari Citra Merek dan Gaya Hidup Oleh : Yazid Hajrian Dinata Keputusan pembelian pada masyarakat perkotaan bukan hanya didasari oleh rasa atau kualitas produk saja, namun juga faktor lain seperti citra merek dan gaya hidup yang sebagian besar kurang diperhatikan oleh pelaku usaha kuliner lokal. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat perkotaan dengan mobilitas yang tinggi menginginkan sebuah produk yang mampu menjawab permasalahannya yaitu dengan produk makanan yang cepat saji, praktis dan prestise. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis keputusan pembelian konsumen dalam tinjauan citra merek dan gaya hidup, apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek dan gaya hidup dengan keputusan pembelian pada konsumen RM Sambel Alu Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan alat ukur psikologi dengan model skala likert sebagai metode penarikan data penelitian. Skala keputusan pembelian dengan alpha cronbach (α = 0,815), skala citra merek dengan alpha cronbach (α = 0,813), dan skala gaya hidup dengan alpha cronbach (α = 0,936). Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen RM Sambel Alu dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti. Untuk memastikan bahwa sampel dapat benar-benar merepresentasikan keseluruhan populasi maka peneliti memilih teknik purposive sampling dan accidental sampling sebagai acuan dalam penarikan sampel. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor yang dalam proses perhitungan dibantu dengan program komputer SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek dan gaya hidup dengan keputusan pembelian konsumen RM Sambel Alu. Hasil analisis regresi menunjukkan kedua variabel bebas memberikan sumbangan efektif (SE) sebesar 36.2% terhadap keputusan pembelian (R2 =0.362; R=0.601; F=27.459; sig. 0.000 (p<0.01). Sedangkan sisanya sebesar 63.8% dapat dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. X1-Y=0.360; sig. 0.000 (p<0.01) artinya ada hubungan positif signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian. X2-Y= 0.581; sig. 0.000 (p<0.05) artinya ada hubungan positif signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian. Kata kunci : Keputusan Pembelian; Citra Merek; Gaya Hidup; Konsumen; Kuliner Lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:15
Last Modified: 16 Jan 2023 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item