PENGARUH KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK TIME OUT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Purwati, Dewi (2017) PENGARUH KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK TIME OUT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_dewi.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Sekolah bukan lembaga hukum yang harus mengobral sangsi kepada peserta didik yang mengalami gangguan penyimpangan perilaku. Sebagai lembaga pendidikan, justru kepentingan utamanya adalah bagaimana berusaha menyembuhkan segala penyimpangan perilaku yang terjadi pada para peserta didiknya. Pendekatan melalui konseling behavior, berbeda dengan pendekatan disiplin yang memungkinkan efek jera, penanganan peserta didik yang bermasalah melalui konseling behavior justru lebih mengutamakan pada upaya penyembuhan dengan menggunakan berbagai layanan dan teknik yang ada, yaitu dengan menggunakan layanan konseling behavior teknik time out. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh layanan konseling behavior dengan teknik time out dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan pendekatan Pre Ekperimental design yaitu one group pretest-posttest. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik kuesioner, observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisis data pertama editing, coding, data entri, cleaning kemudian untuk mengetahui keberhasilan eksperimen dengan menggunakan uji t dan SPSS. Hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar sebelum mengikuti teknik time out adalah 51,1 dan setelah mengikuti teknik time out menjadi 79,9 dengan selisih peningkatan 28,8. Dari hasil uji-t df=9 dan thitung lebih besar dari ttabel (13,002-2,262), maka (ho) ditolak dan (Ha) diterima, dengan demikian perilaku disiplin belajar terdapat peningkatan setelah diberikan teknik time out.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:42
Last Modified: 17 Nov 2017 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item