TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN UPAH PEKERJA BANGUNAN (Studi Kasus Pada Pembangunan Gedung Sekolah Dasar Negeri 02 Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat)

DIKI, CHANDRA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN UPAH PEKERJA BANGUNAN (Studi Kasus Pada Pembangunan Gedung Sekolah Dasar Negeri 02 Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2  DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DIKI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Transaksi pengupahan sering terjadi dalam kerjasama antara sesama manusia dimana satu pihak sebagai penyedia jasa atau tenaga yang biasa disebut buruh dan pihak lain sebagai penyedia pekerjaan yang disebut majikan. Namun dalam kenyataannya masih sering terjadi penyimpangan dari ketentuan dan norma-norma Hukum Islam. Seperti keterlambatan pembayaran upah terhadap buruh yang dilakukan oleh majikan. Akad Pengupahan pekerjaan pembangunan gedung sekolah di SDN 02 Fajar Bulan dilakukan secara lisan antara pemborong dan tukang bangunan. Upah dibayarkan secara bertahap sesuai dengan capaian pekerjaan yaitu tahap pertama, kedua dan ketiga. Pada tahap kedua dan tahap ketiga ada penundaan pembayaran upah dari pemborong. Waktu penundaan pembayaran upah tidak dapat ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik pembayaran upah pekerja bangunan di SDN 02 Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat? Dan Bagaimana menurut hukum Islam tentang praktik pembayaran upah pekerja bangunan di SDN 02 Fajar Bulan tersebut?. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan meneliti praktik pembayaran upah pekerja bangunan di SDN 02 Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui pandangan Islam tentang praktik pembayaran upah pekerja bangunan di SDN 02 Fajar Bulan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan dan penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Adapun pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus (case study) yaitu penelitian yang mempelajari secara mendalam terhadap suatu individu, kelompok, institusi atau masyarakat tertent tentang latar belakang, keadaan atau kondisi, faktor�faktor atau interaksi-interaksi sosial yang terjadi di dalamnya Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penulisan penelitian ini iii adalah analisis kualitatif dengan pendekatan berpikir deduktif dan induktif. Dari hasil analisa penulis, praktik pembayaran upah pekerja bangunan gedung Sekolah Dasar (SD) pada SDN 02 Fajar Bulan dilakukan secara bertahap sesuai akad antara pemborong dengan kepala tukang secara lisan. Tahapan pembayaran upah berdasarkan akad mengacu pada capaian pekerjaan. Pembayaran upah tukang bangunan yang terjadi di SDN 02 Fajar Bulan yang menggunakan sistem pembayaran bertahap yang didasarkan atas akad kedua belah pihak dapat dibenarkan menurut hukum Islam, namun dalam prektiknya (realisasinya) tidak terpenuhi sesuai dengan tahapan yang telah disepakati. Sistem pembayaran yang dilakukan oleh pemborong kepada para tukang bangunan belum memenuhi asas-asas dalam pengupahan, asas tersebut adalah asas kemaslahatan dan asas keadilan, karena masih ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:47
Last Modified: 12 Jan 2023 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22640

Actions (login required)

View Item View Item